Sabtu, 11 Januari 2020 05:00 WITA

Perempuan Tertua di Dunia Asal Jepang Ulang Tahun

Editor: Adil Patawai Anar
Perempuan Tertua di Dunia Asal Jepang Ulang Tahun

RAKYATKU.COM - Perempuan tertua di dunia asal Jepang, Kane Tanaka, berulang tahun yang ke 117 pada 2 Januari lalu. Hal ini menjadikan dia manusia tertua di dunia yang masih hidup sampai saat ini.

Seperti dilansir San Francisco Chronicle, Selasa (7/1), merayakan ulang tahun di panti jompo di Fukuoka. Pesta itu digelar oleh sejawat dan pegawai panti. Tanaka diberi kado sekotak cokelat dan strawberry.

"Saya sangat bersyukur atas kedatangan kalian semua dan memberikan saya seluruh hadiah ini," kata Tanaka.

Menurut catatan Guinness World Records, Tanaka lahir secara prematur pada 1903. Dia kemudian menikah dengan Hideo Tanaka pada 1922.

loading...

Sang suami lantas ikut wajib militer pada 1937 dan terlibat dalam perang China-Jepang II. Tanaka kemudian ikut membantu usaha kudapan keluarga mertuanya yang menjual ketan, manisan, dan Udon.

Untuk menjaga kondisi tubuhnya di masa lalu, Tanaka selalu bangun pukul 06.00 dan belajar matematika sebelum tidur. Dia juga dikenal mahir dalam permainan Othello.

Akan tetapi, rekor manusia tertua sampai saat ini masih dipegang oleh Jeanne Louise Calment asal Prancis. Dia meninggal dalam usia 122 pada 1997.

Loading...
Loading...