Jumat, 03 Januari 2020 18:26 WITA

Bupati dan Kapolres Gowa Ajak Warga Berdoa, Begini Kondisi Terkini Bendungan Bili-Bili

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Abu Asyraf
Bupati dan Kapolres Gowa Ajak Warga Berdoa, Begini Kondisi Terkini Bendungan Bili-Bili
Bendungan Bili-Bili di Gowa

RAKYATKU.COM,GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengajak warga banyak doa. Semoga bencana tahun lalu tidak terulang.

Sejauh ini kondisi Bendungan Bili-Bili masih aman. Meski demikian, warga tetap perlu waspada. Berupaya mengantisipasi segala kemungkinan.

Berdasarkan informasi resmi dari Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ), debit air bendungan masih di bawah normal. Tinggi Muka Air (TMA) saat ini 80,35 mdpl dan volume 53.194 juta m3. 

"Secara teknis, TMA yang normal berada pada angka 99 meter. Jika sudah di atas 100 meter, baru dalam status siaga. Artinya, bendungan harus membuka pintu airnya atau spilway tinggi-tinggi untuk mengurangi tekanan air pada dinding waduk," ujar Kepala BBWSPJ, Ir Suparji, SST, MT.

Sementara berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar, prakiraan cuaca mulai Jumat hingga Sabtu besok di 18 kecamatan di Gowa berpotensi hujan lokal, hujan sedang, hingga hujan lebat. Hujan disertai kilat atau petir.

loading...

Suhu udara diperkirakan mulai dari 20 hingga 31 derajat celcius. Kelembapan udara 75-95 persen dan angin bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam.

Sebelumnya, beredar isu soal Bendungan Bili-Bili dalam status waspada. Ternyata itu informasi tahun lalu yang disebarkan ulang orang-orang tak bertanggung jawab.

Kapolres Gowa, AKBP Boy FS Samola juga meminta warga tak gampang mempercayai informasi yang beredar. 

"Percayakan informasi tersebut kepada pihak yang berkompeten. Baik dari pihak BMKG, pihak bendungan, pemerintah daerah, maupun TNI dan Polri," kata mantan Kapolres Luwu Utara itu usai mengunjungi Bendungan Bili-Bili.
 

Loading...
Loading...