Jumat, 03 Januari 2020 15:36 WITA

Warga Jangan Khawatir! Bandungan Bili-Bili Normal, Dipantau 3 Kali Sehari

Penulis: Azwar Basir
Editor: Nur Hidayat Said
Warga Jangan Khawatir! Bandungan Bili-Bili Normal, Dipantau 3 Kali Sehari
Bendungan Bili-Bili.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Curah hujan tinggi di Sulsel, khususnya wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Gowa terjadi di awal tahun. Hari ini, Jumat (3/1/2020), Makassar dan Gowa diguyur hujan. 

Masyarakat Makassar dan Gowa, masih terbayang dengan banjir besar tahun lalu. Hujan yang tidak berhenti membuat air di Bendungan Bili-Bili meninggi. Ditambah lagi dengan air yang berasal dari Sungai Jenelata.

Air yang berasal dari Sungai Jenelata tidak bisa diatur, sebab tidak ada bendungan di sana. Sehingga tahun ini pemerintah merencanakan akan membangun Bendungan Jenelata. 

Khusus untuk volume air di Bendungan Bili-Bili, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang, Suparji, mengatakan volume air sampai hari ini masih di batas normal. Artinya masih aman.

Katanya, tren volume air di Bendungan Bili-Bili 1 Desember 2019 elevasi 76. "Kemudian tanggal 15 menurun terus sampai elevasi kritis yaitu 74.62 ini kritis," kata Suparji. 

Setelah itu volume air mulai naik. Sebab, hujan di Makassar dan Gowa mulai turun. " Jadi volume air dari tanggal 15 sampai hari ini ada di posisi 80,17 berarti dari bawah sudah 80 meter," paparnya. 

Sementara, normalnya air di Bendungan Bili-Bili ada di posisi 99,5. "Normal dalam artian pemberian listrik cukup, irigasi cukup, dan untuk air baku cukup," lanjutnya. 

loading...

Kemudian untuk tingkat waspada, berada di elevasi 105, kemudian untuk siaga 105,25. Tahun lalu waktu terjadi banjir besar di Gowa dan Makssar, ketinggian air baru 103 belum sampai 105 yaitu waspada. 

Untuk itu, BBWS Pompengan Jeneberang memantau air yang masuk ke dalam Bendungan Bili-Bili tiga kali sehari. "Kita pantau tiga kali sehari jam 8 pagi, jam 12 siang, kemudian jam 5 sore," jelasnya. 

Untuk laporan ketinggian air sampai pagi tadi mencapai 80,17. Untuk mencapai normal masih butuh 19 meter. Sebab, normalnya Bendungan Bili-Bili mencapai 99,5. 

"Nah sekarang trennya belum sampai normal. Jadi masih sangat aman Bendungan Bili-Bili, masyarakat tidak perlu khawatir untuk saat ini," tuturnya. 

Sementara untuk informasi hoaks yang sering beredar di masyarakat terkait Bendungan Bili-Bili, agar diabaikan. "Kalau ada informasi seperti itu konfirmasi ke kami, untuk lebih jelasnya," tutupnya. 

Loading...
Loading...