Rabu, 01 Januari 2020 19:10 WITA

Filipina Larang Senator AS Memasuki Negaranya

Editor: Suriawati
Filipina Larang Senator AS Memasuki Negaranya
Sen Leila de Lima

RAKYATKU.COM, MANILA - Satu lagi anggota parlemen Amerika Serikat dilarang memasuki Filipina.

Juru bicara kepresidenan Salvador Panelo mengonfirmasi pada hari Rabu (01/01/2020) bahwa Presiden Rodrigo Duterte melarang Senator Edward Markey dari Massachusetts.

Alasannya karena Markey telah menyerukan pembebasan senator Sen Leila de Lima, dan mendukung larangan pejabat Filipina yang diyakini terlibat dalam penahanannya untuk masuk ke AS.

"Ya, alasan yang sama untuk melarang Durbin dan Leahy. Sejujurnya, kita tidak harus menyatakan alasan untuk melarang masuk warga asing di Filipina. Itu adalah hak kedaulatan,” kata Panelo kepada Inquirer.net.

Duterte sebelumnya telah memerintahkan Biro Imigrasi untuk melarang Senator AS Dick Durbin dan Patrick Leahy masuk ke Filipina.

loading...

Keduanya juga mendukung larangan pejabat Filipina yang diduga berada di belakang penahanan de Lima.

De Lima telah ditahan di pusat penahanan Polisi Nasional Phiippine di Kota Quezon sejak 2017 karena tuduhan narkoba.

Pada Desember 2019, Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang anggaran, yang mencakup ketentuan yang memungkinkan Menteri Luar Negeri AS melarang pejabat Filipina memasuki AS jika ia memiliki "informasi kredibel" bahwa mereka terlibat dalam penahanan De Lima.

Jika AS akan memberlakukan larangan itu, Panelo mengatakan Filipina akan meminta orang Amerika untuk mendapatkan visa sebelum memasuki negara itu.

Loading...
Loading...