Selasa, 31 Desember 2019 15:17 WITA

Pendeta yang Lawan Partai Komunis China Dihukum 9 Tahun Penjara

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pendeta yang Lawan Partai Komunis China Dihukum 9 Tahun Penjara

RAKYATKU.COM - China telah menjatuhkan hukuman sembilan tahun penjara kepada pendeta yang beroperasi di luar organisasi Protestan yang diakui Partai Komunis karena subversi.

Wang Yi telah memimpin Gereja Perjanjian Hujan Awal dan ditangkap setahun yang lalu selama tindakan keras Tiongkok terhadap semua kelompok agama yang tidak sah di negara itu, dikutip dari Aljazeera, Selasa (31/12/2019).

Pemerintah menuntut umat Protestan hanya beribadah di gereja-gereja yang diakui dan diatur oleh Gerakan Patriotik Sendiri yang dipimpin partai.

Sebuah badan terpisah mengatur gereja Katolik di Cina, yang tidak memiliki hubungan formal dengan Vatikan.

Pengadilan Menengah Rakyat di kota Chengdu barat daya, Senin, menghukum Wang atas hasutan untuk menumbangkan kekuasaan negara dan keterlibatan dalam operasi bisnis ilegal dan mengatakan dia didenda dan aset pribadinya disita.

loading...

Si Weijiang, seorang pengacara yang disewa oleh ibu Wang, mengatakan tuduhan operasi bisnis ilegal melibatkan pencetakan buku tentang budaya Kristen .

"Ini sebenarnya tentang kebebasan publikasi dan tidak ada bahaya sosial," kata Si dalam sebuah wawancara telepon.

Tuduhan hasutan "melibatkan berkhotbah dan merupakan masalah berbicara, yang juga tidak menimbulkan kerugian sosial," katanya.

Tags
Loading...
Loading...