Selasa, 31 Desember 2019 12:01 WITA

Tiga Posko Akan Dibangun di Gowa Hadapi Bencana Jika Terulang

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Andi Chaerul Fadli
Tiga Posko Akan Dibangun di Gowa Hadapi Bencana Jika Terulang

RAKYATKU.COM, GOWA - Sedikitnya ada tiga titik posko siaga yang disebar di wilayah Kabupaten Gowa. Posko itu tentunya untuk bencana datang di musim hujan.

Tiga posko itu diantaranya di kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa. Lokasi tersebut berada tepat di Kota Sungguminasa. Sedangkan untuk di dataran tinggi, ada di Kecamatan Tinggimoncong dan Bungaya.

"Di ketiga posko siaga itu akan disiapkan beragam peralatan antisipasi bencana datang. Seperti perahu banjir, alat berat juga termasuk, dan personil yang siap membantu masyarakat," kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Selasa (31/12/2019).

Beberapa pihak yang ikut terlibat dalam penanganan bencana tersebut. Yakni BPBD, Dinas Damkar, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas PUPR. Dan ada juga dari PMI, Pramuka, dan Tagana.

"Kita libatkan semua komponen yang memiliki perhatian soal kebencanaan," katanya. 

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rustam Razak mengaku akan segera menindaklanjuti arahan tersebut, selain belajar dari pengalaman lalu juga menyingkapi kondisi cuaca yang tak menentu.

loading...

"Posko ini tujuannya untuk mempercepat proses pelayanan apabila ada informasi terkait kebencanaan dan yang terpenting dari posko itu ada porsenil dan alat komunikasi, serta bagaimana membentuk jaringan dengan masyarakat," jelasnya.

Beberapa SKPD yang terlibat, terlebih dulu akan rapat untuk membahas segala keperluan dari pembentukan posko dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

"Paling lambat hari Kamis atau Jumat, posko sudah terbentuk," kata Kepala Dinas Damkar Gowa, Rostam Razak.

Olehnya dirinya berharap, melalui adanya oembentukan posko siaga nanti bisa mengantisipasi terjadinya hal buruk saat banjir dan selalu siap siaga dalam keadaan apapun.

Tags
Loading...
Loading...