Minggu, 29 Desember 2019 12:52 WITA

Mantan Menteri Vietnam Dipenjara Seumur Hidup Karena Korupsi

Editor: Suriawati
Mantan Menteri Vietnam Dipenjara Seumur Hidup Karena Korupsi
Nguyen Bac Son mendengarkan hakim ketika putusan dibacakan di Hanoi. (AP)

RAKYATKU.COM, HANOI - Mantan menteri komunikasi Vietnam dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena korupsi.

Nguyen Bac Son diadili karena menerima suap $3,2 juta untuk menyetujui pembelian sebuah perusahaan TV tahun 2015, yang membuat negara merugi ratusan dollar.

Dia didakwa bersama wakilnya, Truong Minh Tuan, yang dihukum 14 tahun penjara.

"Perilaku terdakwa menimbulkan opini buruk di masyarakat, yang mengakibatkan kerugian besar bagi negara," demikian bunyi putusan tersebut.

Tindakan Son dan Tuan diyakini menyebabkan kerugian $300 juta pada kas negara, meskipun transaksi itu sebenarnya belum sepenuhnya selesai.

Son telah mengakui kesalahannya di depan pengadilan dan memohon keringanan hukuman, sementara Tuan mengatakan dia merasa atas kesalahanny.

loading...

Jaksa pada awalnya mengusulkan hukuman mati untuk Son, tetapi dia terhindar dari hukuman itu setelah mengembalikan uang  pada hari Jumat, sebelum pengumuman putusan.

The Star melaporkan bahwa kedua mantan pejabat itu menerima uang dari Pham Nhat Vu, direktur perusahaan TV yang merugi, Audio Visual Global. Vu sendiri dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Sementara itu, 11 pejabat lainnya yang terlibat dalam kasus tersebut menerima hukuman penjara antara dua hingga 23 tahun.

Kasus ini telah menjadi sorotan di Vietnam, karena sangat tidak jarang tokoh-tokoh kuat digulingkan di depan umum.

Tags
Loading...
Loading...