Jumat, 27 Desember 2019 16:50 WITA

Orang Jerman: Donald Trump Lebih Berbahaya dari Kim Jong Un

Editor: Nur Hidayat Said
Orang Jerman: Donald Trump Lebih Berbahaya dari Kim Jong Un
Donald Trump. (Foto: Deadline)

RAKYATKU.COM - Jerman memandang Presiden Donald Trump sebagai ancaman yang lebih besar bagi perdamaian dunia. Demikian menurut survei baru dari YouGov.

Jajak pendapat yang disponsori kantor berita Jerman DPA, menemukan 41 persen orang Jerman merasa Trump adalah yang paling berbahaya dari lima pemimpin penting global dalam daftar.

Termasuk di dalamnya Presiden Rusia Vladimir Putin, diktator Korea Utara Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Demikian seperti dikutip Newsweek, Jumat (27/12/2019).

Pemimpin dunia kedua yang dinilai paling berbahaya oleh warga Jerman adalah Kim Jong Un, yang dipilih oleh 17 persen responden. 

Putin dan Khamenei mendapatkan perolehan dari 8 persen responden, sedangkan Xi hanya dipilih oleh 7 persen. YouGov mensurvei 2.024 orang di Jerman antara 16-18 Desember 2019.

loading...

Pada 2018, Jerman memiliki pendapat yang sama tentang Trump, sehubungan dengan para pemimpin dunia lainnya, menurut survei YouGov serupa.

Jerman, seperti banyak negara Eropa lainnya, telah melihat gelombang populisme sayap kanan pada 2019 yang telah membentuk kembali prioritas politik domestik.

Setelah AS memulai upaya menjauh dari Uni Eropa, anti-Euroskeptik memandang Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron sebagai dua pilar yang menyatukan koalisi 28 negara.

Loading...
Loading...