Rabu, 25 Desember 2019 23:16 WITA

Ini Daftar Masjid yang Gelar Salat Kusuf dan Link Live Streaming Gerhana Matahari dari Makassar 

Editor: Abu Asyraf
Ini Daftar Masjid yang Gelar Salat Kusuf dan Link Live Streaming Gerhana Matahari dari Makassar 
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Gerhana matahari cincin diprediksi melintasi tujuh kota di Indonesia. Tidak termasuk Makassar. Meski demikian, pengamatan dan salat kusuf tetap dilakukan di ibu kota Sulawesi Selatan ini.

Ada beberapa masjid yang mengagendakan salat kusuf atau salat gerhana matahari. Salah satunya, Masjid Anas bin Malik di kompleks kampus Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Manggala.

Salat gerhana rutin dilaksanakan di masjid kampus Islam tersebut.

Rencananya, salat kusuf dipimpin imam, Muhammad Nurul Falaq. Dia mahasiswa STIBA yang tampil sebagai juara 2 musabaqah tajul waqor di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara khatib, Ustaz Fadhlan Akbar Lc, MHI. Dosen STIBA Makassar sekaligus ketua Komisi Usrah dan Ukhuwah Dewan Syariah Wahdah Islamiyah.

Salat kusuf dijadwalkan berlangsung setelah salat zuhur. Salat ini baru dilakukan jika gerhana dapat terlihat. Perintah salat kusuf disebut dalam hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

"Sesungguhnya matahari dan bulan itu merupakan dua (tanda) dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Keduanya tidak mengalami gerhana karena kematian seseorang dan tidak juga karena kehidupan seseorang. Oleh karena itu, jika kalian melihat hal tersebut maka hendaklah kalian berdoa kepada Allah, bertakbir, salat, dan bersedekah". (HR. Muslim dan Al-Baihaqi)

Selain Masjid Anas bin Malik, salat gerhana matahari juga akan digelar Masjid Nurul Hikmah MIM, Masjid Ikhtiar kompleks Perumahan Dosen Unhas, dan Masjid Nurul Badar Ujung Bori.

Gerhana matahari ini dapat diamati di hampir seluruh wilayah Indonesia. Akan tetapi, hanya sebagian kawasan di Indonesia yang dilewati antumbra sehingga di sana gerhana cincin dapat teramati. 

Sebagian wilayah Indonesia lainnya dilintasi penumbra sehingga masyarakat di kawasan-kawasan itu hanya dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian. 

loading...

Data yang dilansir Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan lokasi-lokasi yang dapat menjadi tempat pengamatan Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 tersebar di 25 kota. 

Wilayah 25 kota yang menjadi jalur lintasan Gerhana Matahari Cincin itu berada di tujuh provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. 

Berdasarkan keterangan BMKG, terdapat tujuh kota di Sumut yang diprediksi bakal dilintasi Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019. 

Tujuh daerah itu yakni Sibolga, Pandan, Taruntung, Padang Sidimpuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan. 

Menurut BMKG, di tujuh daerah tersebut Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 dapat diamati secara keseluruhan. 

"Sedangkan di kota lainnya, gerhana yang teramati berupa gerhana matahari sebagian, termasuk di Kota Medan," kata BMKG. 

Rencananya, BMKG akan menyiarkan pengamatan gerhana matahari cincin itu dari berbagai kota di Indonesia. Termasuk di Makassar. Warga yang ingin menyaksikan gerhana di wilayah Makassar bisa melihatnya pada link di bawah ini.

Loading...
Loading...