Senin, 23 Desember 2019 05:30 WITA

Keutamaan Membaca Surah Al-Ikhlas Usai Salat Subuh

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Keutamaan Membaca Surah Al-Ikhlas Usai Salat Subuh

RAKYATKU.CO - Setelah menunaikan salat Subuh, kita dianjurkan untuk berzikir kepada Allah dengan membaca tahlil, tasbih, dan istighfar hingga matahari terbit. 

Selain itu, juga dianjurkan untuk membaca Al-Quran, terutama surah-surah yang memiliki keutamaan khusus jika dibaca setelah melaksanakan salat Subuh.

Syaikh Abdul Mukmin bin Khalaf Al-Dimyathi, dalam kitab Fadhlu Qiraah Ayat Al-Kursi wa Al-Dzikri wa Al-Du’a Adbar Al-Shalawat menyebutkan, di antara surah yang dianjurkan untuk dibaca setelah shalat Subuh adalah surah Al-Ikhlas. Setidaknya, terdapat dua keutamaan membaca surah Al-Ikhlas setelah shalat Subuh. 

Pertama, diajuhkan dari perbuatan dosa dan godaan setan. Ini berdasarkan hadis yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib, dia berkata bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda, yang artinya: 

"Barangsiapa yang membaca surah Al-Ikhlas setelah shalat Shubuh sebanyak sepuluh kali, maka ia akan terlindungi dari perbuatan dosa di hari tersebut, meski setan terus menggodanya".

loading...

Kedua, setiap kali membaca ‘Qul huwallahu ahad’, dosa selama setahun diampuni oleh Allah. Ini berdasarkan hadis riwayat Ibnu Sunni dari Asma’ binti Wa-ilah, dia berkata bahwa dia pernah mendengar Rasulullah bersabda, yang artinya:

"Barangsiapa melaksanakan shalat Shubuh kemudian membaca ‘Qul huwallahu ahad’ seratus kali sebelum berbicara, maka setiap kali membaca ‘Qul huwallahu ahad’ dosanya selama setahun diampuni,"

Melalui dua hadis di atas, maka membaca surah Al-Ikhlas setelah melaksanakan salat Subuh sangat dianjurkan. Agar mendapat keutamaan sempurna, maka diusahakan untuk membaca hingga seratus kali. Namun jika tidak mampu, maka cukup membaca sepuluh kali saja.

Sumber: Bincangsyariah

Loading...
Loading...