Minggu, 15 Desember 2019 07:30 WITA

Uni Emirat Arab Bakal Bangun Kompleks Ibadah Lengkap

Editor: Andi Chaerul Fadli
Uni Emirat Arab Bakal Bangun Kompleks Ibadah Lengkap

RAKYATKU.COM - Uni Emirat Arab mengungkap visinya mengenai keharmonisan beragama. Negara federasi tujuh emirat ini akan membangun kompleks ibadah.

Mulai dari masjid, gereja, hingga sinagoga di ibukota negara itu, Abu Dhabi. Disebut Abrahamic Family House, kompleks itu tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah namun juga berbagai kegiatan yang menekankan pada dialog antar agama, dikutip dari VoA, Minggu (15/12/2019).

Prakarsa membangun Abrahamic Family House ini lahir saat kunjungan Paus Fransiskus Februari lalu ke Uni Emirat Arab. 

Beberapa bulan kemudian, tepatnya bulan September, bersama Imam Besar al-Azhar, Sheikh Ahmed el-Tayeb, ia membuat deklarasi bersama yang mendorong persaudaraan antar umat manusia. Salah satu wujud deklarasi itu adalah membuat kompleks rumah ibadah Abrahamic Family House.

Kompleks yang luar biasa luas itu akan berdiri di pulau Saadiyat. Karena ukurannya yang raksasa dan desainnya yang fenomenal, kelak kompleks itu menjadi atraksi tersendiri bagi Abu Dhabi.

Direncanakan tuntas dibangun pada 2022, kompleks itu dirancang oleh arsitek kelas dunia Sir David Adjaye. Adjaye yang kelahiran Tanzania dikenal publik AS sebagai orang yang mendesain Museum Nasional Sejarah dan Budaya Masyarakat Amerika Keturunan Afrika yang baru selesai dibangun di Washington DC.

Namun tak sedikit yang menentang, Paus Fransiskus mendapat kritikan tajam dari penganut Katolik tradisionalis. Mereka menuduhnya mendukung sinkretisme atau menyatukan berbagai agama dan kepercayaan. Namun delegasi Vatikan yang mengiringi kunjungan Paus ke Uni Emirat Arab membantahnya. Ia mengatakan, setiap agama memegang identitasnya masing-masing di kompleks itu.

Terlepas dari pro dan kontra, Uni Emirat Arab merupakan negara yang saat ini memiliki berbagai kemegahan yang merupakan hasil hasil karya manusia. 

Tags
Loading...
Loading...

Berita Terkait