Rabu, 11 Desember 2019 14:00 WITA

Korban Letusan Gunung Berapi Selandia Baru Berasal dari 7 Negara

Editor: Suriawati
Korban Letusan Gunung Berapi Selandia Baru Berasal dari 7 Negara
INT

RAKYATKU.COM, SELANDIA BARU - Tujuh negara telah terkena dampak bencana gunung berapi di Selandia Baru, yang mungkin telah menewaskan 13 orang.

Pada hari Selasa, polisi mengatakan bahwa 47 orang berada di White Island ketika gunung meletus. Para wisatawan itu berasal dari Inggris, Jerman, Australia, China, Malaysia, AS dan Selandia Baru.

Dikatakan bahwa 24 berasal dari Australia. Dua dari Inggris, empat dari Jerman, dua dari Cina, satu dari Malaysia, sembilan dari AS, dan lima dari Selandia Baru.

Lima diantara mereka telah dipastikan tewas. Delapan lainnya masih hilang, tapi mereka juga diperkirakan tewas.

Sementara itu, 31 orang lainnya dirawat di rumah sakit di seluruh negeri. Beberapa dalam kondisi kritis akibat luka bakar.

loading...

Letusan gunung yang tak terduga terjadi pada hari Senin, mengirim awan uap panas dan abu ribuan kaki ke udara.

"Skala tragedi ini sangat menghancurkan," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern di parlemen, Selasa (10/12/2019). "Personel Polisi dan Angkatan Pertahanan telah melakukan sejumlah penerbangan pengintaian udara di pulau itu sejak letusan, namun tidak ada tanda-tanda kehidupan telah terdeteksi."

Ardern telah mengirimkan penghormatan kepada responden pertama dan pilot helikopter yang terbang untuk menyelamatkan para korban.

"Saya ingin mengakui keberanian mereka," katanya. "Dalam upaya langsung mereka untuk mengeluarkan orang dari pulau itu, para pilot membuat keputusan yang sangat berani dalam keadaan yang sangat berbahaya."

Loading...
Loading...