Selasa, 10 Desember 2019 12:50 WITA

Peduli HAM, Bupati Barru Terima Penghargaan ke 26

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Andi Chaerul Fadli
Peduli HAM, Bupati Barru Terima Penghargaan ke 26

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kabupaten Barru kembali mencatatkan namanya sebagai daerah di Indonesia yang mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. 

Kali ini, giliran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) yang menganugrahi penghargaan ke Bupati Barru Suardi Saleh.

Di puncak peringatan hari HAM yang digelar di Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/19), Kemenkum HAM menyerahkan piagam penghargaan ke sejumlah kepala daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Bupati Barru Suardi Saleh.

Di bawah kepemimpinan Suardi Saleh, Barru dianggap berhasil mendorong pemenuhan hak dasar warga. Baik untuk indikator hak dasar bidang kesehatan, pendidikan, hak perempuan, anak-anak, maupun perumahan yang layak, serta lingkungan berkelanjutan.

Khusus untuk penghargaan kali ini, tidak semua kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan. Hanya beberapa daerah saja yang dianggap sungguh-sungguh melaksanakan komitmen nilai-nilai HAM dalam pelayanannya. 

Bupati Barru Suardi Saleh yang menerima langsung penghargaan ini, mengurai jika hal ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk terus bekerja demi rakyat. Apalagi, Kemenkum HAM diyakini punya penilaian tertentu, sehingga Barru diberikan apresiasi.

loading...

“Ini menjadi motivasi untuk terus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Kita tidak boleh berpuas diri hanya karena penghargaan ini, karena masih banyak tantangan kedepan yang mesti kita lewati bersama demi kemajuan Barru,” kata Suardi Saleh di sela-sela penerimaan penghargaan.

Di samping itu, penghargaan yang ke 26 selama menjabat sebagai bupati, dipersembahkan untuk rakyat beserta jajaran pemerintah kabupaten. Mengingat, piagam dan apresiasi pemerintah pusat tidak akan mungkin bisa didapat jika tak ada kebersamaan dan keinginan kuat menghadirkan yang terbaik untuk rakyat.

Sebelumnya, Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkum HAM, Mualimim Abdi, mengurai jika penerima penghargaan predikat peduli HAM, jumlahnya belum beranjak jauh jika dibandingkan tahun lalu.

Dalam keterangan persnya, penghargaan bagi kepala daerah dari Kemenkum HAM, bertujuan memotivasi dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat. Khususnya hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Sekadar diketahui, penghargaan Kemenkum HAM ini merupakan yang ke 26 bagi Suardi Saleh selama menjabat bupati tiga tahun terakhir. Sehari sebelumnya, Suardi  juga menghadiri penerimaan penghargaan untuk SMK 2 Barru yang berhasil mendapatkan Bekti Prastyani atau kategori penghargaan fasilitator sekolah ramah anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak (PPPA).

Tags
Loading...
Loading...