Senin, 09 Desember 2019 17:55 WITA

Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru, Lima Orang Tewas

Editor: Suriawati
Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru, Lima Orang Tewas
AFP

RAKYATKU.COM, SELANDIA BARU - Lima orang tewas dan beberapa lainnya terluka akibat letusan gunung berapi di White Island, Selandia Baru, Senin (09/12/2019).

Menurut laporan, ada sekitar 100 wisatawan berada di, atau dekat pulau itu pada saat letusan. Tapi sejauh ini hanya 23 orang yang telah diselamatkan.

Wakil Komisaris Polisi, John Tims mengatakan bahwa beberapa dari mereka yang diselamatkan terluka.

Dia mengatakan, dia tidak tahu berapa banyak orang yang masih belum ditemukan, tetapi dia yakin jumlahnya kurang dari 50.

Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru, Lima Orang TewasBeberapa yang terluka telah diangkut dari pulau ke rumah sakit Whakatane dan Middlemore.

loading...

"Pulau itu saat ini tertutup abu dan kami mengambil saran ahli mengenai kondisi untuk menentukan kapan kami dapat mengakses pulau itu," kata polisi, dikutip UPI.

Letusan Gunung Berapi di Selandia Baru, Lima Orang TewasPerdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan insiden itu tampaknya 'sangat signifikan'.

“Sejumlah orang dilaporkan terluka dan sedang diangkut ke pantai. Semua pikiran kami bersama mereka yang terpengaruh" kata Ardern.

Badan GeoNet telah meningkatkan tingkat siaga menjadi empat. Mereka mengatakan bahwa itu adalah gunung berapi kerucut paling aktif di Selandia Baru dan sekitar 70% gunung berapi berada di bawah laut.

Loading...
Loading...