Senin, 09 Desember 2019 14:54 WITA

Tidak Repot Mengantre, Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Dilakukan di Alfa Midi

Penulis: Fathul Khair
Editor: Nur Hidayat Said
Tidak Repot Mengantre, Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Dilakukan di Alfa Midi
Peresmian pembayaran PKB melalui Alfa Group oleh Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR (kiri), di Alfa Midi Hertasning Baru Makassar, Senin (9/12/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bagi warga Sulawesi Selatan, mulai sekarang, tidak mesti repot lagi mengntre membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Samsat. Kini, bayar pajak sudah bisa dilakukan di Alfa Group. Baik di Alfamart, maupun Alfamidi.

Ada 174 gerai Alfa Group yang tersebar seluruh daerah di Sulsel. Kemudahan ini diberikan, peserta wajib pajak, dapat membayar tepat waktu. Juga terhindar dari denda bulanan.

Usai membayar PKB di Alfa, wajib pajak diberikan waktu 14 hari untuk membawa struk pembayaran untuk mendapatkan stempel pengesahan dan notice pajak di Samsat terdekat.

Peresmian pembayaran PKB melalui Alfa Group ini, dilakukan Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR, di Alfa Midi Hertasning Baru Makassar, Senin (9/12/2019).

Tautoto mengatakan, pajak daerah merupakan sember pembiayaan pembangunan di Sulsel. Pada 2019 pajak adaerah ditargetkan sebesar Rp3,712 triliun lebih atau 89 persen dari total PAD yang ditargetkan sebesar Rp4,168 triliun lebih.

“Dari seluruh jenis pajak daerah, PKB member kontribusi terbesar dengan jumlah target sebesar Rp1,345 triliun lebih atau 36,32 persen dari total pajak,” katanya.

Melihat potensinya yang besar, lanjutnya, dan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang serba cepat, mudah, dan transparan, Bapenda Sulsel menggandeng Bank Sulselbar dan Alfa Midi untuk memberikan layanan pembayaran PKB.

loading...

Tautoto menambahkan, melihat tren pemasukan PKB saat ini, dia optimistis Bapenda Sulsel dapat mencapai target PKB pada APBD perubahan ini. Saat ini pencapaian PKB Bapenda Sulsel sudah mencapai Rp95 miliar.

“Kalau saya lihat tren dan kerja keras Bapenda Sulsel, saya optimistis dapat capai target PKB,” ujar Toto menjawab pertanyaan wartawan. 

Direktur Pemasaran Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, menambahkan, hadirnya layanan PKB di Alfa Group akan mendukung peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel.

"Kami selaku bank milik Pemda selalu memberikan dukungan terhadap program pemerintah daerah meningkatkan PAD. Sebelumnya kami sudah bekerja sama dengan Indomaret, melayani pembayaran secara mobile banking, samsat keliling, dan layanan lainnya," tambahnya.

Darmayani mengatakan, pelayanan ini akan memudahkan masyarakat dalam membayar PKB utamanya wajib pajak yang harus membayar tepat waktu agar terhindar dari denda bulanan.

Loading...
Loading...