Sabtu, 07 Desember 2019 00:31 WITA

Setelah APIP Terbaik di Sulsel, Kini SPIP Sidrap Capai Level 3

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Adil Patawai Anar
Setelah APIP Terbaik di Sulsel, Kini SPIP Sidrap Capai Level 3

RAKYATKU.COM - Pemerintahan di Kabupaten Sidrap memang layak jadi percontohan dan objek studi banding daerah lain.

Bagaimana tidak, setelah sebelumnya Sidrap berhasil keluar sebagai APIP terbaik level 3, kini pemerintahan yang dipimpin oleh Bupati H Dollah Mando itu kembali berhasil meraih level tiga SPIP.

Seperti diketahui, APIP dan SPIP adalah dua pilar akuntabilitas, APIP sendiri merupakan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, sementara SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Bupati Sidrap, Dollah Mando membenarkan prestasi yang diperoleh Pemkab Sidrap dengan meraih level 3 SPIP. Capaian itu, berdasarkan paparan Quality Assurance QA

"Iya benar, alhamdulillah. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP kita sudah di level 3, terima kasih kepada 10 OPD Pemkab Sidrap yang telah jadi sampling selama ini," tutur Dollah Mando, Jumat (6/12/2019).

loading...

Menurut Dollah Mando, APIP dan SPIP sangat diperlukan di pelbagai tingkatan pemerintahan. APIP dan SPIP sendiri menjadi impian banyak daerah.

"APIP dan SPIP ini penting dan didambakan oleh pemerintahan banyak daerah. Mengapa, karena keduanya menjadi landasan yang kokoh dalam mengawal akuntabilitas program pembangunan," akunya.

Dengan diraihnya APIP dan SPIP pada level 3 tersebut, maka secara tidak langsung penyelenggaraan kegiatan pada Pemkab Sidrap telah diakui, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai dengan pertanggungjawaban

"Dengan kata lain, penyelenggaraan kegiatan oleh Pemkab Sidrap dianggap telah berlangsung secara tertib, terkendali, terencana, serta efektif dan efisien," ujar Dollah Mando.

Loading...
Loading...