Jumat, 06 Desember 2019 16:54 WITA

Bupati Maros Lantik Mantan Lurah Jadi Sekda Definitif

Penulis: Muh. Basri
Editor: Abu Asyraf
Bupati Maros Lantik Mantan Lurah Jadi Sekda Definitif
Bupati Maros HM Hatta Rahman melantik Andi Davied Syamsuddin. Seremoni berlangsung di ruang pola kantor bupati Maros, Jumat (6/12/2019).

cini’ sai bori bellaya
bella mamo kamajuanna
te’ne mamo julu bangsana
amang sannang pa’rasanganta

RAKYATKU.COM,MAROS - Lagu Bugis ini begitu populer. Judulnya, Sulawesi Pa'rasanganta. Ada hubungannya dengan sekretaris daerah Kabupaten Maros yang baru.

Bupati Maros HM Hatta Rahman melantik Andi Davied Syamsuddin. Seremoni berlangsung di ruang pola kantor bupati Maros, Jumat (6/12/2019).

Andi Davied memulai karier dengan menjadi staf di Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Dia lalu pulang kampung menjadi kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Simbang.

Dari situ, alumni STPDN itu diberi tugas menjadi sekretaris Kelurahan Pettuadae. Berikutnya, diangkat menjadi Lurah Boribellayya.

Nama kelurahan ini mengingatkan kita pada lagu Bugis berjudul, "Sulawesi Pa'rasanganta". Dalam salah satu baitnya, ada kata "bori bellayya".

"Cini’ sai bori bellayya, bella mamo kamajuanna, te’ne mamo julu bangsana, amang sannang pa’rasanganta..."

Bori bellayya artinya negeri nun jauh di sana. Entah mana yang duluan, lagu itu atau nama kelurahan di Maros yang pernah dipimpin Andi Davied. 

Tinggalkan Jabatan Lowong

Pelantikan sekda baru ini merujuk pada surat keputusan bupati Maros nomor 149/821/KPTS/XII/2019. Andi Davied sebelumnya menjabat kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Sebelumnya sudah menjabat pelaksana tugas sekda.

Terpilihnya Andi Davied sebagai sekda Maros hasil seleksi jabatan yang digelar Pemkab Maros beberapa bulan lalu.

Hatta bilang, penunjukan Andi Davied sebagai sekda baru merupakan penilaian objektif. Selain kinerja, hal lain yang dinilai yakni faktor kepemimpinan, inovasi, dan kemampuan bekerja sama.

loading...

"Proses seleksi berlangsung lama dan panjang. Saya harus memilih secara objektif sehingga siapa yang nilainya tertinggi dalam seleksi, itu yang saya pilih. Pak Davied mendapat nilai tertinggi dari panitia seleksi," ujar Hatta. 

Selain Andi Davied, tiga besar calon sekda pilihan pansel yakni Muhammad Alwi yang juga kepala Dinas Perpustakaan dan Kepala Dinas PU, Alfian Amri.

Hatta menyebut, posisi sekda kosong sejak Januari lalu. Sekda lama, Baharuddin menjadi widyaswara di Provinsi Sulsel. 

Selama kekosongan, jabatan itu diisi dua pelaksana tugas yakni mantan Kepala Inspektorat, Baharuddin serta Andi Davied Syamsuddin.

Pelantikan sekda ini meninggalkan jabatan lowong di Dinas Kominfo Maros. Saat ini, total sembilan jabatan kepala OPD yang kosong. 

"Untuk mengisi kekosongan, kita tunggu hasil seleksi dari pansel karena mereka belum selesai. Tapi secepatnya akan diisi. Kemungkinan awal Januari tahun depan sudah diisi," beber Hatta.

Sekretaris Daerah Maros, Andi Davied mengatakan, posisi sekda merupakan tugas dan amanah yang sangat berat. Meski begitu, dirinya siap menjalankan tugas tersebut.

DATA DIRI

Nama Lengkap: Andi Davied Syamsuddin, S.STP., M.Si.
Lahir: 24 September 1978
Agama: Islam
Pangkat: IV/C Pembina Utama Muda

- Pendidikan :
1. SDN 1 Watampone
2. SMPN 2 Bone
3. SMAN 1 Makassar
4. STPDN
5. Universitas Hasanuddin

Riwayat Jabatan:
- Staf di Sekretariat Jenderal Dalam Negeri
- Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Simbang
- Sekretaris Lurah Kelurahan Pettuadae
- Lurah Kelurahan Boribellayya
- Camat Kecamatan Bontoa
- Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Penanaman Modal Maros
- Kepala Bagian Pengelolaan Data Elektronik Sekretariat Daerah Maros
- Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Maros
- Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Maros
- Kepala Badan Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Maros
- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Maros
- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Maros
- Sekretaris Daerah Maros
 

Loading...
Loading...