Sabtu, 30 November 2019 21:40 WITA

Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Tanggung Jawab Kebakaran Hutan Amazon

Editor: Andi Chaerul Fadli
Presiden Brasil Tuduh Leonardo DiCaprio Tanggung Jawab Kebakaran Hutan Amazon

RAKYATKU.COM - Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh aktor Hollywood dan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio. Tuduhannya terkait membiayai kelompok nirlaba yang ia klaim bertanggung jawab atas kebakaran di hutan hujan Amazon tahun ini. 

Tuduhannya disampaikan tanpa memberikan bukti, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (30/11/2019).

Pemimpin sayap kanan itu tampaknya mengomentari posting media sosial. Yang mengklaim bahwa organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) telah membayar untuk gambar yang diambil oleh petugas pemadam kebakaran sukarela. Gambar itu kemudian digunakan untuk meminta sumbangan, termasuk kontribusi $ 500.000 dari DiCaprio.

WWF membantah menerima sumbangan dari DiCaprio atau mendapatkan foto dari petugas pemadam kebakaran.

"Leonardo DiCaprio ini adalah pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," kata Bolsonaro pada hari Jumat dalam sambutan singkat di depan kediaman presiden.

loading...

Organisasi lingkungan DiCaprio, Earth Alliance, menjanjikan $ 5 juta untuk membantu melindungi Amazon setelah gelombang kebakaran menghancurkan sebagian besar hutan hujan pada bulan Juli dan Agustus.

Tetapi aktor itu mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke kantor berita The Associated Press, Jumat, bahwa kelompoknya belum mendanai salah satu dari dua organisasi nirlaba yang disebutkan oleh para penyelidik sejauh ini.

"Meskipun layak mendapat dukungan, kami tidak mendanai organisasi yang ditargetkan," bunyi pernyataan itu. "Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga berdiri bersama kelompok yang melindunginya."

Tuduhan tidak berdasar terhadap DiCaprio dan kritik terhadap aktivis lingkungan menyusul serangan polisi di markas dua kelompok nirlaba di negara bagian Para, Amazon awal minggu ini.

Tags
Loading...
Loading...