Sabtu, 30 November 2019 18:01 WITA

Ribuan Tahun Disimpan di Roma, Kayu 'Boks Bayi' Yesus Dipulangkan ke Yerusalem

Editor: Suriawati
Ribuan Tahun Disimpan di Roma, Kayu 'Boks Bayi' Yesus Dipulangkan ke Yerusalem
AFP

RAKYATKU.COM - Sebuah potongan kayu yang diyakini merupakan boks bayi Yesus telah dipulangkan ke Yerusalem, setelah dibawa ke Roma tahun lalu.

Relik itu dikirim dari Betlehem ke Roma sekitar tahun 640AD sebagai hadiah kepada Paus Theodore I dari Sophronius, Patriark Latin Yerusalem.

"Paus di Roma adalah Theodore, dan dia memiliki akar Palestina," kata Kepala penjaga Tanah Suci, Francesco Patton kepada AFP.

Dan setelah sekian lama, potongan kayu itu akan dibawa ke Betlehem pada hari Sabtu, untuk penerangan pohon Natal di Manger Square. Kota itu, yang terletak di Tepi Barat yang diduduki Israel, diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus.

Ribuan Tahun Disimpan di Roma, Kayu 'Boks Bayi' Yesus Dipulangkan ke YerusalemPotongan kayu itu memiliki lebar sekitar satu sentimeter dan panjang 2,5 sentimeter. Itu akan dipasang selamanya di gereja Saint Catherine, bersebelahan dengan Basilica of the Nativity.

loading...

"Ini pertama kalinya bagian kayu itu kembali," tambah Patton.

"Tentu saja tidak seluruh struktur kayu karena sangat rapuh dan tidak mungkin untuk dipindahkan dari Roma ke sini."

Ribuan Tahun Disimpan di Roma, Kayu 'Boks Bayi' Yesus Dipulangkan ke YerusalemGereja Katolik mengatakan bahwa peninggalan itu tidak untuk disembah, tetapi untuk dimuliakan.

"Tentu saja kami tidak menyembah relik karena itu adalah sepotong kayu. Kami memuliakan relik tersebut karena itu mengingatkan kami akan misteri inkarnasi, pada kenyataan bahwa putra Tuhan lahir dari Maria di Betlehem lebih dari 2.000 tahun yang lalu," kata Patton.

Tags
Loading...
Loading...