Minggu, 24 November 2019 07:00 WITA

Mumi Singa dan Buaya Hebohkan Arkeolog Mesir

Editor: Andi Chaerul Fadli
Mumi Singa dan Buaya Hebohkan Arkeolog Mesir
FOTO: MOHAMED HOSSAM / EPA-EFE / REX

RAKYATKU.COM - Para arkeolog telah menemukan sejumlah besar mumi hewan dari sebuah makam di Mesir. Termasuk mumi singa dan buaya.

Kementerian Purbakala Mesir mengungkapkan rincian penemuan itu di sebuah pameran di Step Pyramid, bagian dari necropolis Saqqara yang lebih luas, dikutip dari Daily Star, Minggu (24/11/2019).

Para peneliti menemukan 25 kotak kayu yang ditutupi dengan karakter hieroglif dan berisi sisa-sisa kucing, buaya, dan beberapa mumi yang dianggap suci oleh orang Mesir kuno.

Penemuan terpisah dari lima kucing liar besar telah mengasyikkan komunitas arkeologi, seperti pengujian awal telah menunjukkan dengan kepastian 95 persen bahwa mumi adalah anak singa berusia sekitar delapan bulan. 

Sementara kucing mumi adalah penemuan yang relatif umum di crypts Mesir, singa sangat jarang.

loading...

Menteri Purbakala Khaled al-Anany mengatakan tes lebih lanjut akan dilakukan untuk mengkonfirmasi bahwa mumi adalah singa. Mereka diyakini berasal dari antara 664 - 332 SM.

Kementerian telah mengumumkan pada awal minggu bahwa seekor singa mungkin termasuk mumi yang ditemukan di makam. 

Orang Mesir kuno membuat mumi binatang sebagai persembahan kepada para dewa, tetapi mereka juga percaya bahwa beberapa hewan mumi adalah dewa yang harus disembah. Kucing dianggap sangat sakral, dan singa diyakini lebih dari itu.

Tags
Loading...
Loading...