16 August 2016 11:45 WITA

Ini Sosok dan Makna di Balik Logo HUT RI ke-71

Editor: Jumardin Akas
Ini Sosok dan Makna di Balik Logo HUT RI ke-71

RAKYATKU.COM - Tiap tanggal 17 Agustus diperingati bangsa Indonesia sebagai Hari Kemerdekaan. Momentum ini selalu semarak dengan berbagai atribut bendera Merah Putih dan juga simbol perjuangan.

Namun, jika diperhatikan, tiap tahun logo HUT RI selalu berubah seiring dengan pertambahan usia kemerdekaan. Tahun 2016 ini, logo HUT ke-71 juga dibuat berbeda dengan desain yang minimalis yang mengandung banyak makna.

Sebuah tulisan Kerja Nyata seolah menandakan era kepemimpinan Jokowi-JK yang mengusung tagline tersebut. Namun, tak banyak yang tau siapa sosok di balik logo tersebut.

 

Aditya Yoga

Adalah Aditya Yoga yang desainnya terpilih menjadi logo resmi HUT ke-71 RI. Awalnya, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meminta asosisasi tempat Adit beranung untuk membuat logo tersebut.

Melalui seleksi dari berbagai desain yang ditawarkan. Akhirnya desain Adit tersebut yang terpilih. Salah satu kriteria yang diberikan Bekraf saat itu adalah tulisan Kerja Nyata.

Dilansir dari laman Kemendikbud, pada logo 71 tahun ini digambarkan dua setengah lingkaran yang mengilustrasikan bilah baling-baling yang dinamis selalu berputar mendorong pesat ke depan. Hal ini menunjukan komitmen pemerintah untuk kerja nyata dalam memajukan Indonesia.

Angka satu yang menembus bidang lingkaran mengarah ke kanan atas merupakan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat agar ber-“satu”, bahu membahu bekerja menembus segala rintangan. 

Secara tampilan logo 71 Tahun Indonesia Merdeka bernuansa modern dan sederhana dalam tampilan. Hal ini menunjukan sikap pemerintah yang mengutamakan keterbacaan yang jelas/transparansi/informatif dalam seluruh kerja nyatanya.

Adit yang juga Sekretaris Jenderal Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI) ini mengaku senang rancangannya terpilih menjadi logo resmi HUT ke-71 RI. Terlebih, hal yang membuatnya bangga adalah Bekraf mempercayakan profesional dalam membuat logo.

Tags
HUT RI