Rabu, 20 November 2019 16:23 WITA

RPP Menyapa, Emak-Emak Belajar Kepemiluan di KPU Bantaeng

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Abu Asyraf
RPP Menyapa, Emak-Emak Belajar Kepemiluan di KPU Bantaeng
Sekelompok emak-emak mendatangi KPU Bantaeng. Mereka datang dari Desa Bontojai, Kecamatan Bissappu. 

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Sekelompok emak-emak mendatangi KPU Bantaeng. Mereka datang dari Desa Bontojai, Kecamatan Bissappu. 

Kelompok perempuan tersebut terdiri atas perwakilan PKK, Balai Sakinah Aisyiyah (BSA), dan majelis taklim yang ada di Desa Bontojai.

Kehadiran ibu-ibu ini dalam rangka kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di KPU Bantaeng. Mereka mencari informasi seputar pemilu. Juga mendalami pentingnya politik dan demokrasi.

Emak-emak disambut para komisioner KPU Bantaeng. Komisioner memperkenalkan RPP.

Komisioner Divisi Hukum KPU Bantaeng, Agusliadi mengatakan, usai pemilu 2019, KPU Bantaeng fokus melakukan kegiatan terkait fungsi dan program Rumah Pintar Pemilu (RPP).

"Spirit utamanya memberikan pemahaman, pencerdasan dan penyadaran bagi masyarakat. Memberikan pendidikan politik agar masyarakat memahami dan menyadari pentingnya demokrasi, pemilu sebagai pilar penting demokrasi, dan agar masyarakat memahami pentingnya partisipasi dalam pemilu, pentingnya memahami konsepsi kedaulatan rakyat untuk lahirnya negara yang kuat dan berdaulat," urainya.

loading...

Emak-emak sempat menonton video terkait demokrasi, sejarah pemilu, sejarah para pemimpin bangsa, serta seputar tahapan pemilu di Aula Husni Kamil Malik.

Materi berlanjut di RPP yang berada di halaman kantor KPU Bantaeng. Di situ, Agusliadi membawakan materi "Pemilih Berdaulat Negara Kuat".

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Lukman mengatakan bahwa kegiatan bernama "RPP Menyapa" menjadi agenda rutin KPU Bantaeng. Bisa dilakukan mengunjungi sekolah, kelompok-kelompok masyarakat, serta membuka ruang bagi masyarakat melalui fasilitasi audiensi RPP.

"Harapan dari kegiatan ini, bagaimana peserta mampu memahami tentang kepemiluan dengan segala bentuk proses dan segala bentuk informasi pemilu dari masa ke masa," tuturnya.

Loading...
Loading...