Rabu, 20 November 2019 08:57 WITA

Lebih 30 Bayi dan Balita ISIS Diselamatkan dari Penjara Irak oleh Rusia

Editor: Suriawati
Lebih 30 Bayi dan Balita ISIS Diselamatkan dari Penjara Irak oleh Rusia
Foto: TASS

RAKYATKU.COM, MOSKOW - Lebih 30 anak berusia antara satu hingga tiga tahun diselamatkan oleh pasukan Rusia dari penjara Irak, tempat ibu mereka dipenjara karena tuduhan terorisme.

Kantor berita TASS melaporkan bahwa sebanyak 32 anak telah diangkut ke Moskow menggunakan pesawat kementerian luar negeri Rusia.

Kementerian Kesehatan Rusia mengatakan, anak-anak itu tiba di Moskow pada Senin malam, dan dibawa langsung ke rumah sakit untuk menjalani tes medis.

Sejauh ini, sebanyak 122 anak di bawah umur, berusia antara satu hingga 15 tahun telah dikirim dari Irak ke Rusia. Pengiriman dilakukan sejak Desember tahun lalu.

Anak-anak yang dipulangkan ini dilahirkan dari orang tua Rusia, dan sebagian besar dari mereka berasal dari wilayah Kaukasus yang mayoritas penduduknya Muslim, terutama Chechnya.

Loading...

Untuk saat ini tidak diketahui siapa yang akan merawat anak-anak itu, atau di mana mereka akan dipindahkan.

Moskow telah bertindak proaktif dalam mencoba mengidentifikasi anak-anak yang berasal dari Rusia, karena mereka berpendapat bahwa akan berbahaya jika membiarkan mereka tumbuh dalam lingkungan yang teradikalisasi.

Sekitar 5.000 orang Rusia diyakini telah berbondong-bondong ke Rusia dan Irak untuk bergabung dengan Negara Islam selama masa kejayaan kelompok itu.

Loading...
Loading...