Selasa, 19 November 2019 10:57 WITA

Kerjasama Jepang, Begini Keunggulan Layanan Cuci Darah RSUD Andi Makkasau

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Aswad Syam
Kerjasama Jepang, Begini Keunggulan Layanan Cuci Darah RSUD Andi Makkasau
Salah seorang teknisi asal Jepang, sedang memeriksa alat hemodialisa di RSUD Andi Makkasau, Parepare.

RAKYATKU.COM, PAREPARE — Layanan hemodialisa atau cuci darah untuk pasien gagal ginjal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare, diklaim menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Pasalnya, sistem Reverse Osmosis (RO) atau pengelolaan air untuk mesin tersebut, menggunakan teknologi dari Kaikokei Medical Foundation, perusahaan asal Jepang  yang bergerak di bidang kesehatan.

“Olehnya itu, setiap 2 atau 3 bulan sekali, sistem RO-nya diperiksa dengan mendatangkan teknisi dari Jakarta, bahkan Jepang  di bawah naungan Kaikokei Medical Foundation. Untuk memmeriksa kualitas air yang masuk ke mesin,” urai Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari, Selasa(19/11/2019).

Tahun 2019 kata Renny, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp1,6 miliar, sebagai bagian dari kerjasama rumah sakit dengan perusahaan asal Jepang tersebut.

Loading...

“Anggaran tersebut untuk pengelolaan air, pelatihan Nutrisi dan Exercise. Kemarin kita sudah mengirim 4 perawat dan dua dokter untuk menimba ilmu di sana,” terangnya.

Sebelumnya, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe menyebut, pihaknya sengaja mengganndeng perusahaan asal Jepang tersebut, guna meningkatkan layanan kesehatan terutama untuk warga Kota Parepare.

“Kita sudah lihat hasilnya. Pasien cuci darah di sana memiliki  harapan hidup jauh lebih besar. Bahkan bisa beraktivitas seperti biasa,” sebutnya.

Loading...
Loading...