Kamis, 14 November 2019 16:06 WITA

Persebaya Vs PSM, Duel Dua Tim Pesakitan yang Bakal Tampil Pincang

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Persebaya Vs PSM, Duel Dua Tim Pesakitan yang Bakal Tampil Pincang
PSM Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Duel klasik dua tim eks perserikatan akan tersaji Kamis (14/11/2019) sore ini. Persebaya Surabaya akan menjamu PSM Makassar pada laga tunda pekan ke-26 Liga 1 2019 di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Duel ini akan jadi pembuktian dua tim pesakitan. Persebaya dihantui hasil minor dengan tak pernah menang di tujuh laga terakhirnya, baik kandang maupun tandang.

Dari tujuh laga, tim berjuluk Bajul Ijo itu menelan 4 kali kekalahan dan 3 kali berakhir imbang. Terakhir, anak asuh Aji Santoso itu ditahan imbang PS Tira Persikabo dengan skor 2-2.

Sementara itu, PSM juga tampil buruk belakangan ini, terutama di putaran kedua Liga 1 2019. Di lima laga terakhirnya, tim Juku Eja hanya meraih 2 kemenangan dan 3 kekalahan. Terakhir, PSM dikalahkan tuan rumah Kalteng Putra yang menduduki dasar klasemen kala itu dengan skor telak 3-1.

Lebih parah lagi, dari 12 laga tandang yang telah dilalui, PSM belum pernah sekalipun menang. Hasil laga tandang PSM yakni tiga kali imbang dan sembilan laga diantaranya berakhir dengan kekalahan.

Meski bermain di tempat netral, yakni di Stadion Batakan, namun bukan jaminan bagi PSM untuk dapat merebut poin dengan mudah. Apalagi, laga ini akan digelar tanpa penonton setelah Persebaya selaku tuan rumah mendapatkan hukuman dari Komdis PSSI.

Selain sama-sama mencatatkan hasil minor, kedua tim juga bakal pincang dilaga klasik ini. Persebaya tidak akan diperkuat oleh lima pemainnya. Masing-masing Moch Supriadi (Timnas U-19), Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay (Timnas U-23), Otavio Dutra (gabung Timnas senior untuk Kualifikasi Piala Dunia 2020), serta Hansamu Yama (akumulasi kartu kuning)

Absennya Otavio Dutra dan Hansamu Yama menyisakan lubang di barisan pertahanan Persebaya. Green Force, julukan lain Persebaya, pun menyiapkan dua pemain untuk mengganti posisi dua stopper tangguh itu, masing-masing M Syaifuddin dan Andri Muladi.

Krisis pemain tak hanya melanda Persebaya. PSM pun demikian. Tercatat enam pemain Pasukan Ramang bakal absen dilaga ini. Masing-masing Abdul Rahman dan Guy Junior (cedera), Asnawi Mangkualam Bahar dan Firza Andika (Timnas U-23), serta Hasim Kipuw dan Willem Jan Pluim (akumulasi kartu kuning).

Untuk posisi bek tengah, praktis PSM hanya menyisakan Aaron Evans dan Munhar. Namun, Pelatih PSM, Darije Kalezic masih memiliki opsi pada Beny Wahyudi, Taufik Hidayat atau Raphael Maitimo untuk jadi tandem Evans.

Loading...

Kedua tim saat ini berada di papan tengah klasemen Liga 1 2019. Persebaya menempati posisi ke-11 dengan nilai 32 dari 26 laga. Sementara PSM berada diposisi ke-9 dengan nilai 36 dari 25 laga.

Kick off laga antara Persebaya melawan PSM akan digelar mulai pukul 16.30 Wita dan akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi Indosiar. Adapun wasit yang akan memimpin pertandingan ini adalah Nusur Fadilah dari DKI Jakarta.

Berikut ini head to head lima pertemuan terakhir Persebaya vs PSM:

1. 2 Mei 2014: PSM 0-2 Persebaya

2. 20 Mei 2014: Persebaya 4-0 PSM

3. 9 Juni 2018: PSM 1-0 Persebaya

4. 10 November 2018: Persebaya 3-0 PSM

5. 17 Juli 2019: PSM 2-1 Persebaya

Loading...
Loading...