Rabu, 13 November 2019 13:22 WITA

Waspada! Sendok dan Spatula Berbahan Plastik Bisa Meracuni Anda

Editor: Suriawati
Waspada! Sendok dan Spatula Berbahan Plastik Bisa Meracuni Anda
Getty Images

RAKYATKU.COM - Alat-alat dapur plastik seperti sendok, dan spatula bisa merusak hati atau tiroid Anda, kata para ilmuwan. 

Para ilmuwan dari Institut Federal Jerman untuk Penilaian Risiko (BfR) mengatakan bahwa bahan plastik menghasilkan produk samping beracun yang berbahaya yang dapat masuk ke dalam makanan ketika digunakan pada suhu tinggi.

Produk sampingan beracun itu dikenal sebagai oligomer. Itu terbentuk secara tidak sengaja selama produksi plastik dan karena mereka sangat kecil, manusia dapat menelannya tanpa diketahui.

Dalam studinya, BfR mempelajari oligomer dari dua molekul berbeda, yang digunakan untuk membuat peralatan dapur, termasuk PA 6 dan PA 6,6.

loading...

Mereka juga mengambil informasi dari studi yang dilakukan antara 2016 dan 2017, dan melihat bagaimana oligomer PA dari sendok dan spatula masuk ke dalam makanan dan apa dampaknya terhadap kesehatan.

Studi ini menemukan bahwa jumlah oligomer PA yang pindah dari peralatan dapur ke makanan jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

Karena itu, para ilmuwan dari BfR memperingatkan orang agar menggunakan peralatan plastik makanan sesingkat mungkin  ketika memasak, terutama pada suhu di atas 70 °C.

Loading...
Loading...