Selasa, 12 November 2019 15:51 WITA

Bakti Sosial dan Lingkungan Bakal Warnai HUT Ke-59 FIB Unhas

Editor: Mays
Bakti Sosial dan Lingkungan Bakal Warnai HUT Ke-59 FIB Unhas
Camat Biringkanaya, Andi Syahrum Makkuradde (kedua dari kiri), bersama WD 3 FIB Unhas, Andi Akhmar (menunjuk), dan rombongan lainnya, saat meninjau lokasi baksos penanaman mangrove yang akan digelar Sabtu, 23 November 2019 mendatang.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) bakal diperingati dengan Bakti Sosial dan Lingkungan di Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

Hajatan bertema "Peran FIB dalam meningkatkan Solidaritas Sosio Kultural bagi Kemanusiaan dan Lingkungan" itu, akan dihelat Sabtu 23 November 2019 mendatang. Akan diikuti sekitar 10 ribu peserta.

Peserta terdiri atas panitia dari FIB, pengurus Ikatan Alumni (IKA) FIB, serta partisipan dari unsur TNI-Polri, perwakilan berbagai instansi, ormas, sekolah,  ormas perempuan, komunitas serta perwakilan pimpinan fakultas, serta mahasiswa se-Unhas.

Ada penanaman mangrove yang diperoleh dari Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Sulawesi, atas koordinasi Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Sulawesi - Maluku.

Dalam kunjungan rombongan panitia untuk melakukan persiapan, dihadiri oleh Wakil Dekan 3 FIB, Andi Akhmar, sejumlah dosen dan Ketua IKA FIB, Andi Syahrum Makkuradde, yang juga Camat Biringkanaya. Panitia disambut dan didampingi oleh Lurah Untia Andi Patiroi, Kasi Kebersihan Hasanuddin, serta Dinasuddin Bundu, tokoh masyarakat setempat yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Untia.

Pada kunjungan ini, juga untuk meninjau lokasi penempatan Perpustakaan Kelurahan di RPTRA (Ruang publik Terbuka Ramah Anak) serta lokasi penanaman mangrove di kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Untia di bawah naungan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Dirjen Tangkap siap dukung

Sementara itu dihubungi melalui telepon selularnya Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar menyatakan dukungannya. "Kami siap mendukung dan mengkoordinasikan pelaksaannya dengan PPN Untia," ungkap Vicar panggilan akrab alumni Fakultas Ilmu Kelautan Unhas ini.

"Bakti Lingkungan ini perlu didukung apalagi Kawasan Untia perlu dijaga kelestarian Lingkungannya," bebernya di balik ponselnya.

loading...

Dukungan Penuh Camat Biringkanaya

Dalam kunjungannya Andi Syhrum Makkuradde selaku Camat Biringkanaya mengemukakan, bahwa hajatan rangkaian UlangTahun ke 59 FIB Unhas siap didukung penuh. "Kami dari jajaran Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan se Biringkanaya, siap mendukung penuh bakti lingkungan FIB ini," ujar alumni Linguistik Unhas ini. 

"Kami juga akan melaporkan ke Pak Wali Kota sekaligus mengundang beliau untuk bersama-sama dengan masyarakat menanam pohon," ungkapnya didampingi Lurah Untia Andi Patiroi.

"Kami juga akan melibatkan Muspika se Biringkanaya," pungkas Pung Oddang, sapaan akrabnya.

Pada kunjungan itu Wakil Dekan 3 FIB Andi Muhammad Akhmar didampingi sejumlah Dosen FIB masing-masing Andi Faisal, Andi Sitti Aldilah Khaerana, dan Nurfitri, mengemukakan bahwa FIB akan terus bekerjasama hingga ke tingkat Kelurahan dan Desa, untuk mengembangkan perpustakaan. "Selain di Desa Awo Kabupaten Wajo dan Desa Tompobulu Kabupaten Maros, kali ini kami ke Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Makassar," beber mantan Ketua Umum Senat Mahasiswa Sastra Unhas era tahun 90-an.

"Selain Perpustakaan Kelurahan kami akan menanam 10 ribu bibit Mangrove di Kawasan terpadu Untia," ungkapnya.

Sementara itu Andi Faisal  selaku penanggung jawab Bakti Sosial dan Lingkungan HUT 59 FIB menyampaikan, kegiatan ini adalah wujud kepedulian FIB pad lingkungn dan sosial. 
"Melalui HUT ke 59 ini kami mewujudkan solidaritas sosial kepada masyarakat dan lingkungan," ungkap Dosen Sastra Perancis ini.

"Kami berharap teman-teman alumni, dosen dan mahasiswa untuk dapat bersama-sama pada tanggal 23 November  yang akan datang," ungkap Andi Aldilah Dosen Sastra Inggris penuh harap.

Loading...
Loading...