Sabtu, 09 November 2019 04:01 WITA

Cari Cincin Kawin, Pria Ini Temukan Emas Senilai Rp1,7 M

Editor: Aswad Syam
Cari Cincin Kawin, Pria Ini Temukan Emas Senilai Rp1,7 M
Paul dan Michael sangat riang begitu menemukan koin emas.

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Ketika seorang ahli detektor logam, diminta mencari cincin kawin temannya yang hilang, pria ini ketiban rejeki. Dia pulang dengan emas senilai £100.000, setara Rp1,7 miliar. 

Paul Raynard (44)), menangis. Dia dan sahabatnya Michael Gwynne (52), menemukan pundi-pundi emas pada 29 Oktober 2019. 

Kedua orang itu, sedang berlibur singkat. Mereka tidak bisa mempercayai keberuntungan mereka, ketika mereka menemukan 84 koin yang berasal dari tahun 1500-an. Koin emas itu ditemukan di sebuah lapangan dekat Ballycastle, Irlandia Utara. 

"Salah satu harta karun - koin Henry VIII yang sangat langka - diperkirakan bernilai £5.000 (Rp89 juta)," kata para ahli kepada Paul. 

Dia menambahkan, koin lain - seperti yang bertanggal 1546, ketika raja bocah terkenal Edward VI memerintah - bisa bernilai hingga £3.000 (Rp53 juta). 

"Ada jutaan - inilah saat yang kami impikan!" teriak Paul kepada Michael, ketika mereka menyadari bahwa mereka baru saja mendapatkan jackpot. 

Setelah diminta mencari cincin kawin yang hilang dari seorang petani, keduanya mulai putus asa, ketika mereka hanya menggali sebuah tapal kuda dan koin 50p. 

Tetapi setelah satu setengah jam menggali tanah yang luas itu, mereka menemukan emas dengan apa yang menurut para ahli, bisa menjadi hasil temuan terbesar yang pernah ditemukan di Irlandia dan bernilai ratusan ribu poundsterling. 

Paul, dari Keighley, Yorkshire, berkata: “Saya melompat-lompat dan berlari menuruni lapangan sambil menangis untuk menemukan Michael. Itu adalah sesuatu yang saya impikan sejak saya masih kecil. Perasaan yang luar biasa. Ini seperti memeriksa nomor lotere Anda dan menyadari bahwa Anda telah mendapatkan jackpot." 

“Saya melihat satu atau dua koin pada awalnya, tetapi tidak tahu ukuran dari tumpukan itu. 

“Aku pergi untuk menjemput Michael yang ada di seberang lapangan, sehingga kita bisa berbagi momen bersama. Saya gemetaran, saya masih tidak percaya sekarang."

Loading...

Rekaman video saat Paul dan Michael menggali harta karun bawah tanah menunjukkan, mereka menarik satu koin berlumpur satu demi satu dari bawah tanah. 

Michael yang merekam lewat ponsel, berjuang untuk menahan kegembiraannya. Koin telah dikirim ke Museum Ulster untuk identifikasi, dan penilaian resmi oleh tim ahli.

Diperlukan beberapa bulan untuk menilai semua 84 koin itu. Tetapi Paul mengatakan, para ahli lain bilang kepadanya, bahwa seluruh harta karun itu bernilai lebih dari £100.000.

Paul berkata bahwa ia dan rekan bisnisnya, Michael, biasanya mempelajari peta-peta tua, yang mencari tanda-tanda permukiman kuno atau medan pertempuran tempat penimbunan harta karun. 

"Kami baru saja kembali dari perjalanan bisnis yang sibuk ke Tiongkok, dan Michael mengatakan dia tahu tempat kecil yang menyenangkan yang bisa kami kunjungi di Irlandia, agar kami dapat mengambil detektor kami. 

"Tapi kami hanya pergi ke ladang itu untuk mencoba menemukan cincin kawin pasangannya. Kami tidak menemukan cincin itu, tapi kami menemukan koin emas. 

"Aku menggali lubang kecil dan di sanalah mereka. Saya masih belum bisa mempercayainya."

Paul telah tertarik pada deteksi logam, sejak berusia tujuh tahun, ketika orang tuanya membelikannya buku harta karun sebagai hadiah. 

Dia menekuni hobinya saat berusia 35 tahun, dan membeli detektor logam seharga £600 (Rp10 juta), yang mampu mengambil barang-barang emas dan perak yang terkubur hingga 4 kaki di bawah tanah. Koin-koin itu adalah penemuan Paul yang paling signifikan, dan dia menggambarkannya sebagai penemuan sekali seumur hidup. 

Nilainya akan dibagi sama rata antara Paul dan pemilik tanah, setelah selesainya proses penilaian.

Loading...
Loading...