Jumat, 08 November 2019 23:01 WITA

IKA Kehutanan Unhas Reunian, Ini Rangkaian Acaranya

Penulis: Fathul Khair
Editor: Aswad Syam
IKA Kehutanan Unhas Reunian, Ini Rangkaian Acaranya
Panitia Reuni IKA Kehutanan Unhas mengurai rencana reuni dalam konferensi pers di Cafe Upnormal, Jumat (8/11/2019).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - IKA Kehutanan Unhas, akan mengadakan reuni tahunan pada 8-10 November 2019 mendatang. Reuni ini, telah dilakukan sejak berdirinya IKA Kehutanan Unhas setiap 5 tahun sekali. 

Namun, sejak tahun 2018, reuni tahunan telah dilakukan, dikemas bertajuk Forester Festival. Selain sebagai ajang reuni, juga merupakan wujud partisipasi nyata alumni Kehutanan, dalam memberikan sumbangsi berupa pemikiran terhadap pengelolan hutan, lingkungan dan kepariwisataan.

"Ajang ini diharapkan jadi ajang tahunan, untuk mensosialisasikan pentingnya kehutanan, meningkatkan kepedulian lingkungan, dan memamerkan potensi ekowisata Sulawesi Selatan," ujar Sekretaris Jenderal IKA Kehutanan Unhas, Syamsu Rijal, di Cafe Upnormal, Jumat (8/11/2019).

Rangkaian kegiatan dimulai dengan acara meet & greet alumni, di Taman Lakipadada Rujab Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan malam ini. Selanjutnya, puncak acara yaitu Bengo Sound & Color yang diselenggarakan di Hutan Pendidikan Unhas Bengo-bengo, Maros 9-10 November.

"Kegiatan Forester Festival tahun ini, dirancang berdeda dan lebih variatif dari tahun sebelumnya," tambah Syamsu

Beberapa kegiatan yang akan digelar, yakni Seminar Nasional Perhutanan Sosial & Pengembangan KPH, Pameran Ekowisata Sulawesi Selatan, sebagai salah satu program adalan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, lomba fotografi dan esai tentang kehutanan dan lingkungan, kampanye lingkungan, dan beberapa acara hiburan lainnya.

"Hal ini dilakukan, sebagai upaya mendorong pariwisata Sulawesi Selatan, khususnya pariwisata alam dan potensi hasil hutan Sulawesi Selatan. Kegiatan ini juga merupakan ajang mendorong kesadaran lingkungan, dan menjadi momentum kampanye peduli hutan dan lingkungan Sulawesi Selatan," jelasnya.

Loading...

Kegiatan Forester Festival tahun ini, melibatkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Kebudayaan & Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Kehutanan Sulawesi Selatan, PT. Vale, PT. Tonasa, PT. Gassing.

Selain itu PT. Inhutani, Fakultas Kehutanan UNHAS, UPT BKSDA Sulsel, BPKH Sulsel, BPTH Sulsel, BPHP Wilayah XIII Sulsel.

Forester Festival 2019 ini akan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, yang juga merupakan Ketua Umum IKA Kehutanan Unhas dan Dirjen PSLKL KLHK RI. 

"Jumlah peserta yang akan hadir diperkirakan 1.500 orang yang terdiri dari alumni, personil Dinas, KPH, dan UPT, Peserta Seminar Nasional Perhutanan Sosial dan Pengembangan KPH, sebanyak 300 orang. Terrmasuk masyarakat sekitar Hutan Pendidikan UNHAS," ujarnya.

Kegiatan ini akan dimeriahkan oleh artis nasional dan lokal. Seperti Lobow, BHIS Band, Tumming-Abu, Rafli, Dewi & Friends, M. Alifi, Fandy WD dan Zakaribo.

Loading...
Loading...