Jumat, 08 November 2019 02:30 WITA

Empat Hantu Indonesia yang Mendunia, Ada yang Pernah Lihat?

Editor: Fathul Khair Akmal
Empat Hantu Indonesia yang Mendunia, Ada yang Pernah Lihat?
sumber foto : idntimes.com

RAKYATKU.COM - Jika kita bercerita hantu, tidak sedikit orang yang merasa ketakutan akan sosoknya yang menyeramkan, dan membuat jantung berdebar. Konon, apabila mendengar kisah dan asal-usulnya hantu tersebut sangat tragis dan memprihatinkan.

Sebagian masyarakat Indonesia percaya, bahwa ketika jalan melihat hantu akan menyebabkan kesialan yang tak terduga, entah mitos atau fakta sebetulnya. Dari sekian hantu di Indonesia dengan macam-macam jenis yang menakutkan, ada beberapa hantu yang sangat menyeramkan dan kadang meresahkan manusia.

Hantu tersebut bisa mengganggu kita jika kita berbicara sompral dan seolah-olah menantang keberadaan mereka. Ada juga yang iseng menjaili manusia seperti menggerakan benda sekitarm menampakkan diri, jalan kesana kemari, bahkan ada sampai yang bersuara seperti menangis dan menyanyi senandung.

Dikutip dari Travelista, ini dia hantu asli Indonesia yang namanya sudah mendunia

1. Kuntilanak
Hantu yang paling hitz, semua orang Indonesia tahu akan sosok hantu satu ini. Terkenal hampir seluruh pelosok Indonesia dan juga ditakuti. Kuntilanak yang dalam bahasa Melayu disebut Pontianak atau Puntianak sering disingkat kunti bahkan nyai. 

Hantu ini berasal dari perempuan hamil, yang meninggal dunia karena melahirkan, dan anaknya yang dikandung belum sempat lahir.

2. Pocong
Sering dijadikan konten youtube seperti “Prank Pocong” yang berhasil menyedot berbagai penonton youtube. Menjadikan hantu ini terkenal di dunia maya dan sangat mendunia. 

Loading...

Pocong memiliki wajah yang sangat menyeramkan, berwajah rata dan berwarna hijau dengan mata yang kosong. Dilansir dari wikipedia, penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. 

Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk “protes” dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.

3. Genderuwo
Sosoknya sangar dan memiliki tubuh yang besar, genderuwo sebangsa jin atau mahluk halus berwujud manusia dan seperti kera. Berkulit hitam kemerahan, tubuhnya di tutupi bulu lebat yang menutupi sekujur tubuhnya. 

Menurut kepercayaan masyarakat, hantu ini gemar menempati tempat batu berair, bangunan tua dan pohon besar yang teduh dan sunyi.

4. Tuyul
Hantu satu ini sering dipekerjakan oleh segelintir manusia untuk meraih pundi-pundi uang dengan cara ghaib. Namun ada cara unik untuk menangkal keberadaan si tuyul ini dengan yuyu (kepiting kecil), jika ada yuyu di sekitar rumah kita alhasil si tuyul ini lupa akan tugasnya untuk mencuri uang, mereka malah asyik bermain yuyu sebagai mainan kesukaannya.

Tags
Loading...
Loading...