Senin, 04 November 2019 17:11 WITA

Evaluasi Pilot Project Desa JKN di Desa Borikamase Maros

Editor: Adil Patawai Anar
Evaluasi Pilot Project Desa JKN di Desa Borikamase Maros

RAKYATKU.COM - Semenjak dibentuk Oktober 2018, banyak hal yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pilot project Desa JKN di Kabupaten Maros, Desa Borikamase. 

Salah satunya yakni BPJS Kesehatan telah memberikan pelatihan (training fo trainer/ToT) kepada aparat Desa, Bumdes, Karang Taruna, Bidan Desa, Kader Posyandu, dan petugas promkes Puskesmas Maros baru tentang program JKN-KIS untuk disebarluaskan ke masyarakat Borikamase.

Menurut Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kabupaten Maros, Sri Wahyuni Kadir, Desa Borikamasi adalah desa yang paling rutin melakukan koordinasi dalam menjadikan seluruh warga desanya peserta JKN-KIS.

“Selain banyak warga desanya yang telah menjadi peserta JKN-KIS, Desa Borikamase memang adalah desa yang paling sering melakukan koordinasi baik dengan dinas sosial, dinas dukcapil dan BPJS Kesehatan sendiri. Kami juga sangat berterimakasih kepada Pemda Maros atas dukungannya dalam mendukung BPJS Kesehatan untuk menjadikan Desa Borikamase sebagai pilot project desa JKN," ungkap Sri Wahyuni Kadir dalam rapat evaluasi pilot project Desa JKN yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda Maros. 


Dalam kesempatan yang sama, Asisten Administrasi Umum, Sulaiman Samad mewakili Sekda Kabupaten Maros mengungkapkan dalam rapat evaluasi bahwa koordinasi sangat diperlukan dalam pilot project Desa JKN di Desa Borikamase.

loading...

“Tingkatkan koordinasi, jika ada permasalahan yang ditemukan khususnya terkait data kepesertaan yang tidak sesuai mari kita sama-sama benahi agar tidak terjadi tumpeng tindih. Intinya mari kita bersama-sama menyukseskan program pilot project desa JKN ini,” ajak Sulaiman.

Berbagai upaya promitif preventif juga telah dilakukan di Desa Borikamase. Seperti melakukan skrining kesehatan di aplikasi Mobile JKN, Membentuk Klub Prolanis DM dan HT, FKTP membuat tim terpadu untuk pengelolaan penderita DM dan HT dengan komprehensif termasuk membuat plan of care dan secara rutin melaksanakan pemantauan kesehatan peserta prolanis, meningkatkan capaian PRB aktif di FKTP.  

Saat ini jumlah kepesertaan JKN-KIS di Desa Borikamase berjumlah 3.929 jiwa dari total jumlah penduduk 3.749 jiwa atau sekitar 104.8% telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS.

Loading...
Loading...