Minggu, 03 November 2019 09:17 WITA

Dorong Perkembangan SDM Desa, Pemuda Desa Palangka Sinjai Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Penulis: Rahmatullah
Editor: Nur Hidayat Said
Dorong Perkembangan SDM Desa, Pemuda Desa Palangka Sinjai Ikuti Pelatihan Jurnalistik

RAKYATKU.COM, SINJAI - Pemerintah Desa Palangka, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, menggelar pelatihan jurnalistik dengan tema, Merangkum Ide dan Mangabdikan Pikiran Kreatif Pemuda Desa. Kegiatan ini berlansung di Rumah Dataku, dusun Baru, Desa Palangka.

Ketua panitia kegiatan, Abdul Rasyid mengatakan, kegitan ini dilaksanakan mulai Jumat (1/11/2019) hingga Minggu (3/11/2019). Narasumber yang dihadirkan adalah para prkatisi atau pekerja media.

Abdul Rasyid menambahkan, pelantihan ini diikuti oleh pemuda milenial Desa Palangka, dengan menghadirkan materi jurnalistik yaitu, sejarah jurnalistik, jurnalisme warga untuk mendorong literasi desa, peraturan dasar dan teknik menulis berita, teknik wawancara, dan komposisi dan sudut pandang gambar jurnalistik.

"Kegiatan ini kami buat untuk mendorong literasi di desa. Yang terpenting, pemuda desa Palangka mampu menyebarkan informasi terkait perkembangan desa," ujarnya saat ditemui di lokasi acara, Sabtu (2/11/2019).

Ke depan, kata Rasyid, pemerintah desa akan meluncurkan website desa, sehingga dengan pelatihan tersebut, peserta mampu menjadi reporter pada website Desa Palangka.

loading...

Sementara itu, salah satu peserta, Asti Sulistiningsi mengaku senang dan bersemangat mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Ia berharap di masa mendatang dirinya mampu menjadi wartawan yang mampu mengeksplorasi perkembangan di desanya.

"Kami banyak diajarkan tentang cara membuat berita. Saya berharap bisa mengeksplor desa saya di sini," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Palangka, Muhammad Ramli mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan demi mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kita berharap, dengan pelatihan ini pemuda di Palangka, SDM-nya semakin meningkat," harapnya.

Loading...
Loading...