Senin, 28 Oktober 2019 14:08 WITA

Jika Papua Aman, Jokowi Janjikan Hadiah Ini kepada Kapolda

Editor: Abu Asyraf
Jika Papua Aman, Jokowi Janjikan Hadiah Ini kepada Kapolda
Presiden Joko Widodo berkunjung ke Wamena, Papua.

RAKYATKU.COM - Presiden Jokowi akhirnya berkunjung ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Dalam kesempatan itu, Jokowi menjanjikan hadiah kepada kapolda.

Jokowi mengaku mendengar usulan untuk menaikkan pangkat Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menjadi bintang tiga atau komisaris jenderal (komjen).

Mantan wali kota Solo itu siap memenuhinya. Namun, ada syaratnya. Papua harus aman terlebih dahulu.

"Tapi kalau masih belum aman, jangan minta. Karena saya tahu, beliau ini saya ikuti sejak awal," ujar Jokowi saat bertemu tokoh Papua di Wamena, Senin (28/10/2019).

Irjen Paulus hadir dalam pertemuan tersebut bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab. Keduanya merupakan putra asli Papua.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa wilayah pertama yang dikunjunginya setelah dilantik di periode ini adalah Papua. 

Loading...

"Pesan yang ditangkap mestinya jelas. Pesannya apa? Jelas. Nggak usah saya jelaskan," kata Jokowi.

Kunjungan ke Wamena dilakukan Jokowi setelah kerusuhan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Kerusuhan itu, kata Jokowi, juga pernah terjadi di wilayah lain.

"Yang saya lihat yang terjadi seperti di Wamena, ini juga di Sumatera, Kalimantan, Maluku, di kota saya sendiri, di Solo juga pernah. Balai kota dibakar, gedung DPRD dibakar, kemudian juga mal-mal dibakar. Saya lihat, saya alami sendiri," ujar Jokowi seperti dikutip dari Detikcom.

Jokowi berharap kondisi di Wamena benar-benar pulih. Ia memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan jajarannya untuk segera memperbaiki bangunan yang rusak seperti pasar, kantor bupati, maupun rumah warga.
 

Loading...
Loading...