Senin, 28 Oktober 2019 12:42 WITA

Mentan Harap Gowa Jadi Percontohan, Penyuluh Pertanian Diganti Kopasus

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Abu Asyraf
Mentan Harap Gowa Jadi Percontohan, Penyuluh Pertanian Diganti Kopasus
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo

RAKYATKU.COM,GOWA - Kualitas pertanian di Kabupaten Gowa yang dinilai bagus harus terus dipertahankan. Bahkan, kualitas dan peningkatan produksi pertanian ini harus menjadi contoh di tingkat nasional. 

Hal ini ditegaskan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo di sela-sela silaturahmi bersama jajaran Pemkab Gowa.

"Dengan adanya bupati yang hebat di Gowa, serta ditunjang kualitas pertaniannya, saya sangat menaruh harapan target ini dapat dipenuhi dengan baik. Kabupaten Gowa memang harus jadi contoh dengan melihat kondisi lahan pertaniannya saat ini," katanya. 

Menurutnya, ke depan hal yang harus dilakukan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yakni peran balai penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan harus difungsikan lebih baik dari sebelumnya. Olehnya dalam masa 100 hari kerjanya, ia akan meningkatkan peran penyuluh melalui kehadiran balai penyuluh. 

"Saya akan mengganti Balai Penyuluh Pertanian menjadi Komando Strategis Pertanian. Semua penyuluh juga harus diubah namanya menjadi kopasus pertanian agar lebih memiliki semangat baru dalam bekerja," terang Syahrul.

Dengan didorongnya peran penyuluh di sektor terbawah, maka akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas produksi pertanian. Utamanya kualitas beras yang akan dikonsumsi masyarakat. 

loading...

"Ini bukan pekerjaan ringan, makanya penyuluhnya harus didorong dan diberikan target. Penyuluh itu otaknya petani di bawah, manajemen hatinya para petani, mereka selalu siap dan setiap mendampingi para petani. Bukan menjadi penyuluh yang tidak ada artinya bagi petani," kata mantan gubernur Sulsel ini. 

"Saya tidak akan memberi malu seluruh pihak yang telah mendukung saya hingga ke titik ini. Jadi menteri bukan perkerjaan kecil, sehingga saya memohon dukungan bagi semuanya," tutupnya. 

Sementara Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan optimis akan mewujudkan apa yang menjadi harapan Menteri Pertanian. 

"Jika bapak mentannya orang Gowa, pasti kualitas pertanian masyarakat Gowa akan lebih bagus. Kami sebagai pemerintah daerah sangat siap mendorong hasil pertanian kita, karena ini semua demi kesejahteraan masyarakat khususnya para petani," tegasnya. 

Loading...
Loading...