Kamis, 24 Oktober 2019 09:51 WITA

Bayi Lahir Tanpa Wajah, Dokternya Diberhentikan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bayi Lahir Tanpa Wajah, Dokternya Diberhentikan

RAKYATKU.COM - Seorang dokter kandungan di Portugal telah dipecat diduga akibat kelalaiannya sendiri. Dr Artur Carvalho dipecat Dewan Medis Portugal lantaran lalai setelah seorang bayi lahir tanpa wajah.

Bayi bernama Rodrigo itu lahir pada 7 Oktober lalu tanpa hidung, mata, dan kehilangan sebagian tengkoraknya. Tetapi kelainan itu hanya ditemukan selama persalinannya di sebuah rumah sakit di Setubal, sekitar 40 km selatan Lisbon, dikutip dari Asia One, Kamis (24/10/2019).

Dewan membuka penyelidikan setelah orang tua dari bayi cacat itu membuat pengaduan dan kelahirannya menjadi berita utama.

"Ada bukti kuat tentang kelalaian dokter yang dapat mengarah pada sanksi disipliner," kata Alexandre Valentim Lourenco, kepala dewan medis untuk wilayah selatan mengatakan kepada penyiar RTP.

Caravalho mengikuti kehamilan ibu Rodrigo di sebuah klinik swasta di Setubal di mana ia melakukan tiga ultrasonografi wajib tetapi tidak melaporkan masalah apa pun.

Loading...

Para orang tua diberitahu tentang kemungkinan anomali janin setelah mereka meminta tes USG lebih lanjut pada bulan keenam kehamilan tetapi diyakinkan oleh dokter.

"Dia menjelaskan bahwa kadang-kadang beberapa bagian wajah tidak terlihat (pada ultrasound) ketika wajah bayi terpaku pada perut ibu," Joana Simao, saudara perempuan ibu itu, mengatakan kepada penyiar TVI 24.

Bayi itu masih di sayap pediatrik rumah sakit tempat ia dilahirkan.

Tags
Loading...
Loading...