Selasa, 22 Oktober 2019 23:41 WITA

Peringatan Hari Santri, Bupati Barru: Pesantren Laboratorium Perdamaian

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Adil Patawai Anar
Peringatan Hari Santri, Bupati Barru: Pesantren Laboratorium Perdamaian

RAKYATKU.COM, BARRU - Pemkab Barru menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019. Upacara ini berlangsung di halaman Kantor Bupati Barru, Selasa (22/10/19). Bupati Barru bertindak selaku inspektur upacara.

Tema yang diangkat pada peringat HSN kali ini Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia. Upacara ini diikuti seluruh karyawan Kementerian Agama Barru, guru, pimpinan pondok pesantren/da'yah, santri/santriwati dan siswa-siswi madrasah se-Kabupaten Barru.

Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam sambutannya mengatakan, sejak HSN ditetapkan pada Tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo, pihaknya selalu menyelenggarakan peringatan ini setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. 

"Isu perdamaian yang diangkat pada tema berdasarkan fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian," katanya,

Peringatan Hari Santri, Bupati Barru: Pesantren Laboratorium Perdamaian

Loading...

Disamping itu, alasan keterpilihan Indonesia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan perserikatan bangsa-bangsa (DKK PBB). Dimana bargaining position Indonesia dalam menginisiasi dan mendorong proses perdamaian dunia semakin kuat dan nyata.

"Kami ucapkan selamat Hari Santri Nasional 2019. Santri Indonesia untuk perdamaian dunia," tutur Suardi Saleh.

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Barru Nasruddin AM, unsur Forkopimda, Kepala Kemenag, Pimpinan SKPD, Serta Anggota DPRD Barru.

Usai upacara, bupati menyerahkan secara simbolis SK CPNS Kemenag didampingi oleh Kepala Kemenag. Bupati juga melepas ratusan peserta pawai ta'aruf yang terdiri dari santri/santriwati, serta siswa/siswi madrasah se-Kabupaten Barru.

Loading...
Loading...