Senin, 21 Oktober 2019 17:41 WITA

Seminar Nasional FKM UMI: BPJS Kesehatan Harus Diselamatkan

Editor: Adil Patawai Anar
Seminar Nasional FKM UMI: BPJS Kesehatan Harus Diselamatkan

RAKYATKU.COM - Dalam rangka Public Health Expo, Senat Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI mengadakan seminar nasional yang bertemakan Selamatkan BPJS Kesehatan, Selamatkan Indonesia di Auditorium Al-Jibra, Sabtu (19/10).

Kegiatan seminar nasional yang dihadiri 500 peserta tersebut bertujuan untuk membahas isu nasional terkait penyesuaian iuran BPJS Kesehatan yang menghadirkan beberapa narasumber seperti Akademisi, perwakilan DJSN, Wakil Bupati Enrekang, Direktur RSUD Batara Siang dan Deputi direksi bidang Jaminan pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan.

Salah satu narasumber dari Akademisi FKM UMI, A Surahman Batara mengungkapkan, BPJS Kesehatan sangatlah membantu masyarakat. Untuk itu, A Surahman tidak setuju dengan maraknya demo wacana untuk membubarkan BPJS Kesehatan.

“Hak atas kesehatan adalah hak asasi manusia. Olehnya, negara wajib menjamin pemenuhannya baik kaya dan miskin, karena haknya sama. Isu yang berkembang, sepenuhnya bukan salah BPJS Kesehatan, tapi tanggungjawab kementerian kesehatan dengan program public healthnya," ungkapnya.

A Surahman menambahkan, BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara jaminan kesehatan, keberadaannya itu sangat penting. Hanya saja, ada sedikit masalah, yakni peserta tidak aktif merupakan peserta yang menunggak iuran dan sebagian dari peserta tidak aktif disebabkan oleh adverse selection yaitu mendaftar saat sakit dan tidak melanjutkan iuran ketika sehat.

Loading...

“Ini menjadi PR BPJS Kesehatan sekarang. BPJS Kesehatan harus tetap menyeimbangkan tarif berdasarkan situasi dan kondisi masyarakat di sini. Jangan sampai yang aktif membayar malah meninggalkan,” tutur A Surahman.

Deputi Direksi Bidang Jaminan pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan, Budi Mohamad Arief juga mengapresiasi panitia Seminar Nasional yang telah mengangkat tema Selamatkan BPJS, Selamatkan Indonesia. 

“Kami merasa sangat senang dan terharu dengan tema yang diangkat dalam seminar nasional kali ini. Selamatkan BPJS, Selamatkan Indonesia. Di tengah banyaknya aksi yang ingin membubarkan BPJS Kesehatan ternyata masih sangat banyak juga yang ingin menyelamatkan BPJS Kesehatan. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah peduli dengan keberlangsungan program JKN-KIS," tutup Budi. 

Loading...
Loading...