Senin, 21 Oktober 2019 10:30 WITA

Protes Kerahasiaan Data, Koran di Australia Kompak Sensor Halaman Depan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Protes Kerahasiaan Data, Koran di Australia Kompak Sensor Halaman Depan

RAKYATKU.COM - Sejumlah surat kabar terbesar di Australia menghitamkan sebagian besar kalimat pada halaman depan. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk protes melawan kerahasiaan dan undang-undang pemerintah yang dianggap membahayakan kebebasan pers.

Koran nasional dan regional, termasuk The Australian, The Sydney Morning Herald dan Australian Financial Review menghantam kios-kios berita pada Senin pagi, dikutip dari Al Jazeera, Senin (21/10/2019).

Tak cuma itu, iklan kampanye juga telah diluncurkan di seluruh jaringan televisi negara itu untuk meminta warga mempertimbangkan pertanyaan: "Ketika pemerintah menyembunyikan kebenaran dari Anda, apa yang mereka tutupi?"

Loading...

Protes ini dirancang dalam memberi tekanan publik pada pemerintah untuk membebaskan jurnalis dari undang-undang yang membatasi akses ke informasi sensitif, memberlakukan sistem informasi yang berfungsi dengan baik, dan meningkatkan tolok ukur untuk tuntutan hukum pencemaran nama baik.

"Ini tentang membela hak dasar setiap warga Australia untuk mendapat informasi yang benar tentang keputusan penting yang dibuat pemerintah atas nama mereka," Hugh Marks, kepala eksekutif Nine mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Loading...
Loading...