Minggu, 20 Oktober 2019 07:30 WITA

Kapan Waktu Tepat Olahraga Buat Bakar Lemak?

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kapan Waktu Tepat Olahraga Buat Bakar Lemak?

RAKYATKU.COM - Menemukan waktu dalam sehari untuk berolahraga adalah perjuangan bagi banyak orang. Tetapi sekarang sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa menyetel alarm Anda sedikit lebih awal bisa menjadi kuncinya.

Para peneliti dari Universitas Bath dan Birmingham mengungkapkan bahwa berolahraga sebelum sarapan dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak, dikutip dari Mirror Online, Minggu (20/10/2019).

Dalam studi tersebut, para peneliti mempelajari 30 pria gemuk atau kelebihan berat badan selama periode enam minggu - beberapa yang berolahraga sebelum sarapan, beberapa yang berolahraga setelah sarapan, dan beberapa yang tidak melakukan perubahan gaya hidup.

Analisis hasil mengungkapkan bahwa peserta yang berolahraga sebelum sarapan membakar dua kali lipat jumlah lemak dibandingkan kelompok yang berolahraga setelah sarapan.

Dr Javier Gonzalez, yang memimpin penelitian ini, mengatakan: “Meskipun ini tidak memiliki efek pada penurunan berat badan, itu secara dramatis meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.

"Kelompok yang berolahraga sebelum sarapan meningkatkan kemampuan mereka untuk merespon insulin, yang lebih luar biasa mengingat bahwa kedua kelompok latihan kehilangan jumlah berat yang sama dan keduanya mendapatkan jumlah kebugaran yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah waktu makanan pemasukan."

Loading...

Para peneliti menyarankan bahwa efek ini mungkin turun ke tingkat insulin hal pertama di pagi hari - ketika orang berpuasa semalaman, tingkat insulin mereka rendah yang berarti mereka dapat menggunakan lebih banyak lemak sebagai bahan bakar.

Namun, para peneliti mencatat bahwa efek ini hanya diuji pada pria, dan studi lebih lanjut termasuk wanita diperlukan untuk memverifikasi temuan.

Dr Gareth Wallis, rekan penulis penelitian ini, mengatakan: “Pekerjaan ini menunjukkan bahwa melakukan olahraga dalam keadaan puasa semalam dapat meningkatkan manfaat kesehatan dari olahraga untuk individu, tanpa mengubah intensitas, durasi atau persepsi usaha mereka.

"Kita sekarang perlu mengeksplorasi efek jangka panjang dari jenis latihan ini dan apakah wanita mendapat manfaat dengan cara yang sama seperti pria."

Loading...
Loading...