Minggu, 20 Oktober 2019 08:00 WITA

Turki Dituduh Gunakan Senjata Kimia untuk Lawan Pasukan Kurdi

Editor: Andi Chaerul Fadli
Turki Dituduh Gunakan Senjata Kimia untuk Lawan Pasukan Kurdi
FOTO: AFP/DELIL SOULEIMAN

RAKYATKU.COM - Rekaman mengerikan dari seorang anak yang berteriak-teriak terbakar telah viral. Rekaman itu muncul di tengah klaim senjata kimia yang digunakan dalam serangan Turki terhadap Kurdi.

Dalam klip itu, seorang anak terlihat menangis: "Ayah berhenti membakar, saya mohon."

Ini telah memicu tuduhan bahwa pasukan Turki menggunakan fosfor putih yang dilarang, dikutip dari Mirror Online, Minggu (20/10/2019).

Klip itu diambil di sebuah rumah sakit di Tal Tamr, dekat dengan Ras al-Ayn di dekat perbatasan antara Turki dan Suriah, yang telah menyaksikan pertempuran sengit.

Rekaman lebih lanjut yang dirilis oleh outlet media Kurdi menunjukkan seorang bocah lelaki dengan luka bakar yang mengejutkan di wajah, lengan, dan dadanya.

Loading...

Dr Manal Mohammed, yang mengepalai Dewan Kesehatan Rojava di Suriah Utara, mengatakan kepada outlet berita Kurdi, Rudaw. 

"Ada banyak kekhawatiran bahwa senjata terlarang digunakan di Sari Kani. Luka yang kita rawat di rumah sakit sama sekali bukan luka normal," kata dia.

Dan Dr Fares Hammu mengatakan kepada ANHA: "Negara pendudukan Turki menggunakan semua jenis senjata berat, karena banyak kasus yang serius.

"Kami berharap negara Turki menggunakan senjata yang dilarang secara internasional, seperti senjata kimia."

Tags
Loading...
Loading...