Sabtu, 19 Oktober 2019 00:01 WITA

Di Enrekang, Dosen UNM Bina Masyarakat Kelola Kopi dan Bawang

Editor: Aswad Syam
Di Enrekang, Dosen UNM Bina Masyarakat Kelola Kopi dan Bawang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG) ke masyarakat, baru-baru ini dilaksanakan oleh Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) yakni Amal, S.Pi, M.Si, Ph.D, Uca, S.Si., Ph.D, dan Dr. Erman Syarif, M.Pd.

Mereka tergabung dalam Tim Penelitian dan Pengabdian Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek Dikti). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Karueng, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, pada Jumat, 18 Oktober 2019.

Ketua Tim Program Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTTG), Amal mengatakan, program ini secara khusus membina pengolahan hasil perkebunan berupa kopi sangria, menjadi kopi bubuk dengan memanfaatkan teknologi sederhana.

Selain itu kata Amal, Ia juga membina pengolahan hasil kebun berupa bawang goreng menjadi renyah dan dikemas dalam kemasan yang menarik dan tahan lama.

Loading...

"Adapun sasaran sasaran dari PPTTG ini adalah kelompok wanita dan masyarakat (pemuda) yang mempunyai badan usaha yakni “Persatuan Wanita Mandiri Maspul” dan “Komunitas Relawan Peduli Sosial (KORPS)," jelasnya.

Amal menambahkan, tujuan utama dari PPTTG adalah menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan dan perekonomian.

"Jadi khususnya para petani di Desa Karueng, masyarakat kita latih menggunakan teknologi sederhana skala rumah tangga,” pungkasnya.

Loading...
Loading...