Jumat, 18 Oktober 2019 15:53 WITA

BPJS Kesehatan Kini Kian Mudah Berkat Sistem Autodebet

Editor: Adil Patawai Anar
BPJS Kesehatan Kini Kian Mudah Berkat Sistem Autodebet

RAKYATKU.COM - Hadirnya sistem autodebet yang berjalan sejak tahun 2018, telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi peserta JKN-KIS dalam melakukan pembayaran iuran.

Ika Sri Andari yang merupakan salah satu peserta BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga merasakan hal tersebut. Saat dikunjungi oleh tim di rumahnya, Ibu satu orang anak ini menceritakan berbagai pengalamannya yang telah menjadi peserta JKN-KIS sejak tahun 2014.

Bermula saat Ika masih aktif bekerja di PT.Indomarco, program JKN-KIS sudah tidak asing lagi baginya. 

“Sejauh ini, Alhamdulillah sejak mengenal program JKN-KIS semuanya aman terkendali. Saya dan keluarga sudah sering memanfaatkannya, mulai dari waktu saya melahirkan, rawat inap di rumah sakit karena kena Typhoid dan sakit-sakit ringan lainnya, semua pengobatan saya tersebut sama sekali tidak ada hambatan dan tidak ribet ji”, ungkap Ika dengan logat khas Makassarnya.

Bagi Ika menjadi peserta JKN itu sangat penting. Saat memutuskan resign dan fokus mengurus keluarga dan  usahanya, Ika yang saat itu kepesertaannya sudah tidak ditanggung lagi di Kantornya, segera mengalihkan kepesertaannya menjadi peserta JKN-KIS mandiri alias Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 1.

Loading...

Ika menambahkan, saat ini sistem BPJS Kesehatan sudah sangat mudah terkait dengan pembayaran iuran. Melalui sistem autodebet, kini peserta tidak perlu khawatir lupa membayar iuran, karena bank secara otomatis akan menarik saldo tabungan sebesar tagihan iuran JKN-KIS dari rekening peserta. Jadi peserta tidak perlu mengingat-ingat kapan harus membayar iuran lagi.

“Sekarang BPJS Kesehatan sudah dipermudah, tidak perlu antri lagi untuk pembayaran iuran bulanannya, kita sisa setor di rekening dan otomatis akan terpotong dan disetor di BPJS Kesehatan, tidak pake antri dan lupa”, jelas Ika.

Ika yang memiliki usaha laundry dan pencetakan buku ini berharap BPJS Kesehatan dapat terus eksis dan sukses dalam melayani masyarakat Indonesia.

“Terimakasih BPJS Kesehatan, saya suka, saya suka, sukses terus untuk kesejahteraan Rakyat Indonesia”, tutup IKa.

Loading...
Loading...