Jumat, 18 Oktober 2019 09:03 WITA

Bisa Rusak Otak, Cahaya Biru dari Smartphone dan Laptop Jadi Perhatian Ilmuan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bisa Rusak Otak, Cahaya Biru dari Smartphone dan Laptop Jadi Perhatian Ilmuan

RAKYATKU.COM - Cahaya biru dari smartphone dan laptop dapat menyebabkan kerusakan otak dan mempercepat penuaan, para ilmuwan memperingatkan.

Eksperimen pada lalat buah menunjukkan bahwa terlalu banyak terpapar jenis cahaya ini mempengaruhi mobilitas mereka dan merusak sel-sel otak mereka, dikutip dari Daily Star, Jumat (18/10/2019).

Para ilmuwan sekarang mendesak orang untuk memakai kacamata dengan warna kuning untuk mengurangi paparan cahaya biru.

“Manusia menjadi sasaran peningkatan jumlah cahaya dalam spektrum biru karena LED yang biasa digunakan memancarkan sebagian besar cahaya biru," ujar Profesor Jaga Giebultowicz, dari Oregon State University.

Tapi teknologi ini, pencahayaan LED, bahkan di sebagian besar negara maju, belum digunakan cukup lama untuk mengetahui efeknya di seluruh umur manusia. "

Para peneliti mengekspos lalat ke berbagai bentuk cahaya, dengan serangga menghabiskan 12 jam dalam cahaya dan 12 jam dalam kegelapan setiap hari. Kelompok lain disimpan dalam kegelapan total.

loading...

Lalat yang terpapar cahaya biru menunjukkan kerusakan pada mata dan otak mereka, dan memiliki kehidupan yang "secara signifikan" lebih pendek.

Lalat cahaya biru juga menunjukkan berkurangnya kemampuan memanjat - tanda umum penuaan.

Bahkan cahaya yang relatif ringan terlihat mempersingkat umur mereka hingga 5 hingga 15%, kata para peneliti.

Prof Giebultowicz berkata: "Diberi pilihan, lalat akan menghindari cahaya biru."

Para peneliti mengatakan orang yang ingin melindungi mata mereka dari cahaya harus mengenakan kacamata dengan lensa kuning atau mengubah ponsel atau pengaturan perangkat lain untuk memblokir emisi biru.

Tags
Loading...
Loading...