Jumat, 18 Oktober 2019 06:00 WITA

18 Mobil Mahal Sudah Siap Antar Tamu Kepala Negara ke Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Editor: Fathul Khair Akmal
18 Mobil Mahal Sudah Siap Antar Tamu Kepala Negara ke Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
Mercedes-Benz S450L dan E300 untuk mengantar tamu kepala negara dan utusan negara ke pelantikan Presiden dan Wapres [foto: Suara.com]

RAKYATKU.COM - Sekretariat Presiden sudah menyiapkan 18 unit kendaraan, yang akan digunakan tamu-tamu negara yang hadir di pelantikan Jokowi-Ma'ruf pada Minggu (20/10/2019). Mobil bermerek Mercedes Benz sudah terparkir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/10/2019). 

Mobil Mercedes Benz tersebut berjenis S 450 L dan Mercedes Benz E 300. Dikutip dari oto.com, Kamis (17/10/2019), Mercedes Benz S 450 L dibanderol Rp 2,77 Milyar. Harga itu berlaku off the road. Sementara Mercedes Benz E 300, di situs yang sama dijual Rp1,38 Milyar.

Mobil-mobil tersebut akan digunakan tamu-tamu negara yang akan ke Indonesia menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo -Ma'ruf Amin pada Minggu 20 Oktober 2019 mendatang.

Jurnalis Suara.com menggambarkan kondisi mobil tersebut. Bagian dalam mobil, masih dilapisi plastik. Adapun mobil yang dinaiki Suara.com yakni mobil untuk Kepala Negara Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah

"Saya akan menyupiri kepala negara dari Brunei Darussalam," ujar Sentanu, salah satu supir mobil tersebut.

Kata Sentanu, dirinya mulai akan menyupiri pada esok hari.

"Mulai besok bertugas. Besok juga dilakukan gladiresik," kata Sentanu.

Sebelum menyupiri Kepala Negara, para supir mendapatkan pelatihan langsung dari pihak Mercedes Benz selama satu minggu.

"Ada pelatihan khusus seminggu sebelumnya. Yang melatih dari Mercedes Benz," kata Sentanu dikutip dari suara.com.

Loading...

Belasan mobil Mercedes Benz berwarna hitam tersebut sudah tertulis plat negara-negara. Di antaranya plat mobil tertulis Singapura, Myanmar, PM China, Filipina, USA (United State America), Malaysia, Vietnam, Australia dan lain-lain.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono mengatakan, sebanyak 18 unit kendaraan yang disiapkan pihak Istana untuk dipergunakan tamu-tamu negara yang hadir di pelantikan Jokowi - Maruf, Minggu (17/10/2019).

"Kami mempersiapkan untuk membrikan yg terbaik terhadap tamu negara yang akan hadir dalam inagurasi bapak presiden tanggal 20. Nah sesuai dnegan permohonan Kemenlu, kami siapkan 18 unit kendaraan yang memang semestinya kami siapkan selaku tamu kepala negara," ujar Heru.

Heru menuturkan pihaknya menyiapkan kendaraan khusus yakni untuk Kepala Negara atau perdana menteri yakni mobil Mercedes-Benz S 450 L . Sementara untuk utusan kepala negara yakni tipe Mercedes -Benz E 300.

"Semua yang kami siapkan kendaraan yang premium S 450 untuk kepala negara dan selevel atau utusan itu adalah E 300," tutur dia.

Tak hanya itu, Heru menyebut mobil-mobil yang disiapkan untuk tamu-tamu negara adalah mobil yang disewa secara khusus oleh Sekretatiat Presiden. Meski mobil sewa, mobil tersebut adalah mobil baru dari pabriknya. Biaya sewa mobil itu Rp 1 Miliar.

"Kita tentunya dalam waktu yang singkat menyewa tapi persyaratannya kami minta yang baru yang bener-bener dari pabrik. Dari anggaran kami kurang lebih Rp 1 miliar," ucap Heru.

Loading...
Loading...