Selasa, 15 Oktober 2019 21:01 WITA

Pengungsi Wamena asal Toraja Butuh 30 Bus untuk Pulang ke Kampung

Penulis: Azwar Basir
Editor: Adil Patawai Anar
Pengungsi Wamena asal Toraja Butuh 30 Bus untuk Pulang ke Kampung

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ribuan pengungsi asal Wamena Papua terus berdatangan ke Sulsel baik melalui jalur udara maupun jalur laut. Para pengungsi ini merupakan korban kerusuhan yang terjadi di Wamena. 

Sejauh ini tercatat sudah ada 2.509 lebih pengungsi asal Wamena terdiri dari beberapa daerah di Sulsel. Para pengungsi ini setiba di Makassar ingin langsung tiba di kampung halamannya. 

Relawan dan ketua tokoh daerah setempat juga berbondong-bondong menyediakan sarana dan prasarana untuk mengangkut para pengungsi tidak tiba di tujuannya masing-masing. 

Akan tetapi, mereka masih terkendali dengan transportasi, khususnya warga Toraja. Mereka kekurangan bus untuk mengangkut ke Toraja. Hal itu disampaikan oleh  John Rende Mangontan, ketua Ikatan Keluarga Toraja di Papua.

Loading...

"Kita membutuhkan sekitar 30 bus ke atas untuk bisa mengangkut semua pengungsi. Tapi kami masyarakat Toraja bahu membahu dan saling membantu satu dengan yang lainnya," katanya. 

Ia berharap, ada perhatian khusus dari pemerintah setempat baik dari Pemprov Sulsel maupun dari kabupaten untuk membantu para pengungsi tiba di rumahnya. Apalagi ada pengungsi yang sudah tidak membawa harta bendanya kembali. Hanya pakaian di badan. 

Loading...
Loading...