Selasa, 15 Oktober 2019 18:44 WITA

Imigrasi Parepare-Pemkab Sidrap Kembali Bentuk Tipora di Tujuh Kecamatan

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Andi Chaerul Fadli
Imigrasi Parepare-Pemkab Sidrap Kembali Bentuk Tipora di Tujuh Kecamatan

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tujuh kecamatan di Kabupaten Sidrap resmi terbentuk, Selasa (15/10/2019). Tujuh kecamatan itu adalah Panca Lautang, Tellu Limpoe, Baranti, Watang Sidenreng, Dua Pitue, Pitu Riawa dan Pitu Riase.

Kegiatan yang diinisiasi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare bekerja sama Pemerintah Kabupaten Sidrap itu, berlangsung di Ballroom Algoni Hotel Grand Sidni, Jalan Haji Massagoni Pangkajene Sidrap, Selasa siang.

Dengan pembentukan tersebut, berarti seluruh kecamatan di Kabupaten Sidrap telah memiliki Timpora. 

"Sebelumnya, sekitar pertengahan 2017 lalu, empat Timpora kecamatan telah terbentuk lebih dulu, yakni Maritengngae, Watangpulu, Panca Rijang dan Kulo," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Parepare, Noer Putera Bahagia. 

Dia menjelaskan, pembentukan Timpora dimaksudkan untuk memperkuat pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan mencegah dampak negatif keberadaan dan kegiatan orang asing.

Pembentukan Timpora ini berdasar Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No. 50 Tahun 2016 tentang Tim Pengawasan Orang Asing.

“Dengan terbentuknya Timpora, warga negara asing akan dapat terpantau dan kita bisa ketahui beradaannya secara dini, khususnya terkait kegiatannya yang dilakukan,” ujar Noer Putra.

Loading...

Staf Ahli Bupati Sidrap, Amir A Wali mewakili Bupati Sidrap menyampaikan apresiasi terbentuknya Timpora dan berharap dapat mengantisipasi permasalahan menyangkut orang asing yang kerap terjadi.

“Seperti kelalaian dalam administrasi, di mana ada kemungkinan datangnya pendatang dari luar negeri tanpa adanya dokumen resmi ataupun penyalagunaan izin tinggal domisili dan bekerja,” ungkapnya.

Amir menambahkan, kerja sama Kantor Imigrasi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sidrap harus terus terjalin demi terpeliharanya stabilitas kepentingan nasional dan daerah dari dampak negatif perlintasan orang antar negara.

Adapun personil Timpora yang dikukuhkan terdiri para camat, kepala desa/lurah, Danramil, Kapolsek dan stakeholder lain. Pengukuhan sekaligus penyerahan SK Timpora dipimpin oleh A Amir  Wali didampingi Asisten II yang juga menjabat Plt KesbangPol Sidrap, A Faisal Ranggong.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, Pasi Intel Kodim 1420, Lettu Inf Abdul Rajab, Kasi Intel Kejari Sidrap, Iqbal, Kasatintelkam Polres Sidrap, Iptu Soib dan Posda BIN Sidrap, Danish Prawira.

Tags
Loading...
Loading...