Selasa, 15 Oktober 2019 18:32 WITA

Pemprov Sulsel "Contek" Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta

Penulis: Fathul Khair
Editor: Nur Hidayat Said
Pemprov Sulsel
Mal Pelayanan Publik DKI Jakarta. (Foto: Media Harapan)

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov Sulsel akan menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang akan memudahkan masyarakat ketika ingin membuat perizinan.

Untuk mendukung kehadiran MPP ini, Pemprov Sulsel melakukan kunjungan kerja ke tiga daerah, yakni Kota Bogor, DKI Jakarta, dan Batam.

Asisten III Bidang Administrasi, Tautoto Tanaranggina mengungkapkan, kunjungannya kali ini untuk mempelajari MPP di tiga daerah tersebut. Ia menjelaskan, penunjukan tiga daerah ini merupakan rekomendasi dari Kementerian PAN RB. 

"Tujuannya untuk mempelajari bagaimana proses mekanisme pengelolaan MPP. Mulai penyediaan tempat, desain ruangan, anggaran dan yang digunakan," ujarnya 

Ia menambahkan, ini juga termasuk  dengan model kerja sama untuk pelayanan dengan Kementerian Lembaga, BUMN dan Swasta, serta Sumber Daya Manusia yang digunakan. 

"Semua ini dilakukan karena Sulsel akan membuat Mal Pelayanan Publik yang mengintegrasikan instansi vertikal," ucapnya.

MPP ini nantinya akan terletak di Ballroom Celebes Convention Center (CCC) yang merupakan milik Dinas Perdagangan dan berdekatan dengan MPP serta Hotel The Rinra. 

Loading...

Mantan Kepala Bapenda ini, menyatakan nantinya Pemprov Sulsel akan memadukan kelebihan masing-masing dari MPP ketiga daerah tersebut yang bisa diterapkan di Sulsel. 

Terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, AM Yamin mengakui bahwa pihaknya telah berkunjung ke tiga daerah tersebut. Hasil yang didapatkan di tiga daerah tersebut selanjutnya akan diinventarisir semuanya. 

"Nantinya, kami akan inventarisir mana yang bagus dari Bogor, akan diambil kemudian dari Batam dan juga DKI. Karena inikan beda ada dua kota dan Satu Provinsi, DKI Jakarta sampai di kelurahan," tegasnya. 

Yamin menyebutkan, sejauh ini pihaknya akan menyusun perencanan yang ditarget tahun ini akan selesaikan dan pada 2020 dilanjutkan dengan renovasi.

"Tahun depan baru renovasi, kalau anggarannya belum ditahu karena inikan belum ditahu, disesuaikan dengan kebutuhan," terangnya.

Turut dalam kegiatan tersebut, Ketua TGUPP Prof Yusran Yusuf, Prof Sangkala, Kepala Dinas Perumahan Kawasan, Pemukiman dan Pertanahan Sulsel Andi Bakti Haruni, dan beberapa Kabupaten dan kota Sinjai, Sidrap, Makassar.

Loading...
Loading...