Minggu, 13 Oktober 2019 08:00 WITA

Operasi Turki di Suriah Dapat Kecaman Amerika Serikat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Operasi Turki di Suriah Dapat Kecaman Amerika Serikat

RAKYATKU.COM - Departemen Pertahanan Amerika mengecam militer Turki yang masuk ke dalam wilayah Suriah timur laut. Hal itu dianggap merugikan hubungan Amerika-Turki dan perang melawan ISIS. 

Pentagon bertekad untuk membantu milisi Kurdi yang telah membantu Amerika memerangi ISIS, dikutip dari VoA, Minggu (13/10/2019).

“Kami tidak akan meninggalkan pasukan mitra Kurdi kami,” kata Menhan AS Mark Esper di Pentagon, sementara pasukan Turki meneruskan serangan terhadap sebuah zona sepanjang 30 kilometer di Suriah timur laut. 

Daerah itu dikuasai oleh sekutu Amerika, Pasukan Demokratik Suriah atau SDF, termasuk pasukan YPG Kurdi yang diincar oleh Turki.

Loading...

Esper mengatakan, tidak ada satu pihakpun yang memberi “lampu hijau” atas operasi Turki di Suriah timur laut. Katanya, “justru sebaliknya,” di mana pejabat semuanya menolak “keras pada semua tingkatan” pemerintah.

Ketua Kepala Staf Gabungan, Jenderal AD Mark Milley, mengatakan kepada reporter, pasukan Amerika tetap bersama dengan mitra SDFnya, dengan kekecualian “dua pos kecil” di daerah Tal Abyad dan Ras al-Ayn.

Menjelang ofensif Turki itu, Amerika memindahkan sekitar 50 pasukan Amerika keluar dari zona 30 kilometer untuk menjauhkan mereka dari serangan Turki.

Tags
Loading...
Loading...