Sabtu, 12 Oktober 2019 21:27 WITA

Kapal Migran Afrika Tenggelam di Pantai Meksiko, 2 Tewas

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kapal Migran Afrika Tenggelam di Pantai Meksiko, 2 Tewas
FOTO: Reuters

RAKYATKU.COM - Sebuah perahu kecil yang membawa migran Afrika di lepas pantai Meksiko selatan tenggelam pada hari Jumat. Insiden itu menewaskan dua orang dan satu hilang, kata pihak berwenang.

Kapal itu sedang bepergian dari negara bagian selatan perbatasan Chiapas ketika kapal itu terdaftar di satu sisi. Penumpang terlempar ke dalam air, kata kantor kejaksaan negara bagian itu dalam satu pernyataan, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (12/10/2019).

Seorang pria berusia 39 tahun ditemukan tewas, tambahnya, hanyut di pantai. Tubuh kedua kemudian terletak beberapa ratus meter dari yang pertama.

Sebuah operasi pencarian berhasil menyelamatkan delapan migran hidup-hidup, kantor kejaksaan mengatakan, menambahkan satu orang masih hilang.

Semuanya berasal dari Kamerun , negara yang mengalami eksodus yang meningkat di tengah konflik yang semakin keras antara komunitas berbahasa Prancis dan Inggris.

Loading...

Chiapas adalah persimpangan utama bagi para migran yang melintasi Meksiko menuju Amerika Serikat . Mereka sebagian besar adalah orang Amerika Tengah, tetapi dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan jumlah orang Afrika, yang sering terbang ke Amerika Selatan dan kemudian melakukan perjalanan panjang melalui darat dan kapal.

Para migran Afrika di Chiapas secara teratur menggelar protes menuntut pemerintah Meksiko mengizinkan mereka untuk melanjutkan perjalanan mereka ke AS.

Migran tidak berdokumen secara teratur menggunakan perahu untuk menghindari pihak berwenang di Meksiko selatan, di mana pemerintah telah mengerahkan 6.000 personel Garda Nasional untuk memperketat perbatasan.

Tags
Loading...
Loading...