Minggu, 13 Oktober 2019 02:00 WITA

Orang Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa Meninggal Dunia

Editor: Andi Chaerul Fadli
Orang Pertama yang Berjalan di Luar Angkasa Meninggal Dunia

RAKYATKU.COM - Orang pertama yang berjalan di luar angkasa Alexei Leonov (85) dinyatakan meninggal di sebuah rumah sakit di Moskow pukul 12:40 waktu setempat pada hari Jumat.

Kematian pahlawan nasional Rusia itu diumumkan oleh layanan pers Pusat Pelatihan Kosmonot Yuri Gagarin. Penyebabnya belum diketahui, dikutip dari Mirror Online, Minggu (13/10/2019).

Leonov membuat sejarah pada 18 Maret 1965, ketika dia menjadi orang pertama yang berjalan di luar angkasa. Tetapi dia kemudian mengungkapkan bahwa dia hampir tidak berhasil kembali ke Bumi.

Dia melangkah keluar dari wahana Voskhod (Sunrise) 2 untuk sebuah wahana antariksa yang berlangsung hanya lebih dari 12 menit, meluncur di sekitar Bumi dengan kecepatan lebih cepat daripada pesawat jet.

Misi dua orang itu penuh dengan bahaya dan hampir tergelincir oleh serangkaian peristiwa yang bertuliskan seperti naskah Hollywood.

Dalam beberapa menit, jas Leonov melambung seperti balon, mencegahnya memasuki kembali pesawat ruang angkasa.

Loading...

Kemudian, para kru - Mr Leonov dan komandan Pavel Belyayev - nyaris menghindari terbunuh dalam bola api besar ketika tingkat oksigen melonjak di dalam kapsul.

Selama kembali ke Bumi, mereka selamat dari kekuatan G yang sangat besar dan mendarat di hutan terpencil di Siberia - rumah bagi serigala dan beruang - dalam suhu -25C dingin.

Berbicara kepada BBC dalam wawancara langka pada tahun 2014, Leonov mengatakan melihat Bumi dari luar angkasa: "Anda tidak dapat memahaminya. Hanya di luar sana Anda dapat merasakan kebesaran - ukuran besar dari semua yang mengelilingi kita."

Ketika dia mendorong diri menjauh dari pesawat ruang angkasa, dia berputar sampai dia berhenti dengan kabel 16 kaki yang ditambatkan ke lubang udara untuk mencegahnya mengambang.

Tetapi ketika tiba saatnya untuk mengembalikan jasnya telah mengembang dan dia hanya beberapa menit lagi dari kejatuhan dalam kegelapan total dalam bayangan Bumi.

Loading...
Loading...